9 Spesialis Pencuri Motor 'Didor'

    Siti Yona Hukmana - 29 Januari 2020 20:07 WIB
    9 Spesialis Pencuri Motor 'Didor'
    Kelompok spesialis pencuri sepeda motor. Foto: Medcom/Siti Yona Hukmana.
    Jakarta: Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya menangkap 11 spesialis pencuri motor. Sembilan di antaranya didor aparat.

    "Karena berusaha kabur saat diamankan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu, 29 Januari 2020.

    Yusri mengatakan 11 pelaku berasal dari tiga kelompok pencurian sepeda motor. Mereka ditangkap dalam kurun waktu dua pekan.

    Kelompok pertama terdiri dari lima orang, yakni YS alias J, SP, AA alias S, Y alias I dan DR alias D. Mereka berbagi peran sebagai pemetik, pengawas, joki, dan penadah. 

    Yusri mengatakan kelompok ini biasa beraksi di Jakarta Pusat dan Timur. Komplotan ini membongkar paksa gembok pagar rumah dan menggunakan kunci T untuk membawa kabur sepeda motor korban. Sepeda motor yang dicuri dijual ke penadah seharga Rp800 ribu sampai Rp1,3 juta per unit.

    "Dari penangkapan ini ada barang bukti sekitar lima unit, kunci leter T dan ponsel," ujar Yusri.

    Kelompok kedua beranggotakan tiga orang, yakni M, MH dan BA atau P. Mereka biasa beraksi di Tangerang. Motor hasil curian dijual ke penadah di Karawang, Jawa Barat. "Mereka sudah beraksi di 30 TKP (tempat kejadian perkara)," ujar Yusri. 

    Penyidik masih terus mendalami kelompok ini. Sebab, ada dua tersangka yang sudah masuk daftar buronan, yakni berinisial B dan E.

    Kelompok ketiga juga punya tiga anggota yakni AR, AS dan J. Kelompok ini juga beraksi di Tangerang. Bedanya, sepeda motor hasil curian dilempar ke Lampung. Kelompok ini biasa membawa senjata api mainan untuk menakut-nakuti korban.

    Sebelas pelaku sudah ditahan di Polda Metro Jaya. Mereka dikenakan Pasal 363 KUHP dan Pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id