Polri Segera Umumkan Tersangka Kebakaran Kilang Pertamina Balongan

    Theofilus Ifan Sucipto - 18 Mei 2021 18:22 WIB
    Polri Segera Umumkan Tersangka Kebakaran Kilang Pertamina Balongan
    Kepulan asap hitam dari kebakaran tangki minyak milik Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021). ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.



    Jakarta: Polri segera mengumumkan tersangka kebakaran kilang minyak RU VI PT Pertamina Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Kasus ini sudah naik ke tahap penyidikan.

    "Saya rasa akan ada (tersangka)," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Rusdi Hartono di Gedung Mabes Polri, Selasa, 18 Mei 2021.

     



    Rusdi segera berkoordinasi dengan Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Erdi A Chaniago. Dia akan meminta data lengkap tersangka.

    Jenderal bintang satu itu menyebut kebakaran kilang pada akhir Maret 2021 itu sudah memenuhi unsur pidana. Penyidik menemukan unsur kealpaan dan kelalaian.

    "Sehingga menimbulkan kebakaran dan ledakan," ujar Rusdi.

    Kebakaran kilang minyak terjadi sekitar pukul 01.00 WIB, pada Senin, 29 Maret 2021. Kebakaran yang menimbulkan ledakan itu terdengar hingga lima kilometer lebih.

    Baca: Penyelidikan Kebakaran Tangki Pertamina Harus Jadi Landasan Penyusunan SOP Keselamatan Baru

    Akibatnya, 23 orang menjadi korban. Sebanyak lima di antaranya mengalami luka berat. Sejumlah orang meninggal akibat kejadian tersebut.

    Pertama, korban berinisial IA, 17, yang mengalami luka bakar. Dia mengembuskan napas terakhir setelah menjalani perawatan selama 12 hari di rumah sakit setempat.

    Kemudian, korban berinisial AF, 18, seorang pelajar kelas 2 SMA di Indramayu. AF tutup usia setelah dirawat intensif 23 hari dengan luka bakar 80 persen.

    Berikutnya, korban bernama Asrori bin Ustaz Roni meninggal pada Selasa, 4 Mei 2021. Teranyar, korban bernama Kosim bin Durakman yang meninggal pada Sabtu, 5 Mei 2021.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id