BNPT Gandeng PTPN dan USU Cegah Penyebaran Radikalisme

    Siti Yona Hukmana - 15 Juni 2021 13:27 WIB
    BNPT Gandeng PTPN dan USU Cegah Penyebaran Radikalisme
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), PT Perkebunan Nusantara (PTPN), dan Universitas Sumatra Utara (USU) menandatangani kerja sama pencegahan penyebaran ideologi radikalisme. Kerja sama dengan berbagai pihak penting untuk memberantas terorisme di Indonesia.

    "Tujuannya ialah membangkitkan kewaspadaan kita semua supaya tidak disusupi ideologi radikalisme dan terorisme," kata Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar dalam keterangan tertulis, Selasa, 15 Juni 2021.

     



    Penandatanganan kerja sama itu dilakukan Rektor USU Muryanto Amin, Direktur PTPN Holding Abdul Ghani, serta Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Hendri P Lubis. Kemudian, Boy Rafli Amar dan Kepala BNPT periode 2016-2020 Suhardi Alius.

    Direktur Utama PTPN Holding Abdul Ghani mengatakan kegiatan itu merupakan kelanjutan kerja sama BNPT dan BUMN pada 2019. Menurut dia, PTPN rawan aksi radikal karena wilayah kerjanya sangat luas dengan jumlah pegawai ratusan ribu orang.

    "Banyak wilayah kerja kami yang masuk remote area yang memerlukan pemantauan untuk mencegah menyusupnya ideologi lain," ujar Abdul Ghani.

    Rektor USU Muryanto Amin mengatakan politik identitas agama meningkat tajam, terutama setelah pemilihan umum (pemilu). Menurut dia, politik identitas itu bisa memicu radikalisme, termasuk di kalangan anak muda dan mahasiswa.

    "Maka itu, kerja sama dengan BNPT, juga PTPN menjadi penting untuk mencegah radikalisme dan sosialisme," ungkapnya.

    Baca: 13 Terduga Teroris Ditangkap di Riau

    USU disebut fokus mengajarkan mata kuliah agama yang menitikberatkan pada keberagaman, mengelola masjid dan musala, serta asrama mahasiswa. Upaya itu diyakini bisa mencegah radikalisme di lingkungan USU.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id