202 Advokat Diklaim Akan Dampingi Munarman di Persidangan

    Zaenal Arifin - 01 Agustus 2021 23:39 WIB
    202 Advokat Diklaim Akan Dampingi Munarman di Persidangan
    Pengacara Muhammad Rizieq Shihab, Munarman, ditangkap Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri, di Tangerang Selatan, Banten, Selasa, 27 April 2021. Foto: Istimewa



    Jakarta: Sebanyak 202 advokat diklaim akan membela terdakwa kasus terorisme Munarman. Mereka disebut akan membantu Munarman menjalani persidangan.

    “Sebagai advokat senior dengan rekam jejak yang panjang di dunia hukum dan HAM (hak asasi manusia), maka tak heran jika ratusan advokat menyatakan siap membela Munaraman," kata salah satu anggota tim kuasa hukum Munarman, Aziz Yanuar, dalam siaran pers di Jakarta, Minggu, 1 Agustus 2021.

     



    Menurut dia, bantuan ini tak lepas karena mantan sekretaris Front Pembela Islam (FPI) punya banyak rekan advokat. Hal ini disebut sebagai bentuk kepedulian kepada Munarman yang juga berprofesi sebagai advokat.

    “Ini sebagai bentuk solidaritas terhadap rekan sejawat,” tambah Aziz Yanuar.

    Baca: Gubernur Sulteng Minta Kelompok MIT Serahkan Diri

    Aziz menerangkan Munarman mengawali kariernya di Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) di Palembang sebagai sukarelawan pada 1995. Dia dipromosikan sebagai kepala operasional organisasi itu pada 1997.

    Munarman beralih menjadi koordinator Komisi Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) Aceh pada 1999-2000. Karier ini berlanjut hingga ia menduduki posisi koordinator Badan Pekerja KontraS di Jakarta. Pada September 2002, Munarman terpilih sebagai Ketua YLBHI.

    Pada Selasa, 27 April 2021, Munarman ditangkap Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror di rumahnya di Tangerang Selatan, Banten. Dia dituduh menggerakkan orang lain dan bermufakat jahat untuk melakukan tindak pidana terorisme.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id