Laode M Syarif Minta Pengangkatan Pegawai KPK Menjadi ASN Ditunda

    Candra Yuri Nuralam - 17 Mei 2021 06:50 WIB
    Laode M Syarif Minta Pengangkatan Pegawai KPK Menjadi ASN Ditunda
    Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhammad Syarif. Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen



    Jakarta: Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif meminta pengukuhan pegawai Lembaga Antikorupsi menjadi aparatur sipil negara (ASN) ditunda. Dia meminta pengangkatan pegawai dilakukan serentak.

    "Sampai dengan nasib yang 75 orang itu jelas masa depannya," kata Laode melalui keterangan tertulis, Minggu, 16 Mei 2021.

     



    Laode mengatakan keputusan tes wawasan kebangsaan tidak disetujui seluruh pimpinan KPK. Dia menyampaikan dua pimpinan KPK tidak setuju hasil tes itu menjadi dasar penentuan alih status pegawai.

    Menurut Laode, penundaan pengukuhan alih status harus dilakukan sampai KPK, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Kemenpan RB rampung membahas kelanjutan nasib 75 pegawai KPK yang gagal dalam tes. Nasib mereka tak boleh digantung terlalu lama.

    Pemerintah juga diminta turun tangan. Laode ingin pemerintah menengahi konflik tersebut agar tidak terus menjadi polemik.

    "Menko Polhukam (Mahfud MD) atau Presiden (Joko Widodo) harus segera menengahi dan menyelesaikan permasalahan yang menimpa 75 orang pegawai KPK ini agar tidak terzalimi oleh tes yang tidak jelas dasar hukumnya," tutur Laode.

    Baca: KPK Tegaskan Penonaktifan 75 Pegawai Tak Halangi Penanganan Kasus

    Pegawai KPK bakal menjadi ASN pada 1 Juni 2021. BKN akan mengangkat 1.274 pegawai KPK menjadi ASN di hari lahirnya Pancasila.

    Sementara itu, BKN tidak bisa menentukan nasib 75 pegawai yang dinyatakan tidak lolos tes pengalihan status. Keputusan nasib mereka ada di tangan pimpinan KPK.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id