Terpopuler Nasional, Pengacara Nurhadi Giring Opini Hingga Cuaca Ekstrem Akibat Perubahan Iklim

    Renatha Swasty - 01 Februari 2021 07:46 WIB
    Terpopuler Nasional, Pengacara Nurhadi Giring Opini Hingga Cuaca Ekstrem Akibat Perubahan Iklim
    Ilustrasi KPK. Medcom.id/Fachri Auhdia Hafiez



    Jakarta: Pemukulan yang dilakukan mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi terhadap petugas rumah tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menjadi perhatian. Berita soal penggiringan opini oleh pengacara Nurhadi paling banyak dibaca sepanjang Minggu, 31 Januari 2021.

    Pembukaan jalan layang (flyover) Tapal Kuda Lenteng Agung-Tanjung Barat juga paling banyak dibaca di kanal Nasional sepanjang kemarin. Proyek unggulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta itu diprediksi rampung Maret 2021.






    Berita soal cuaca ekstrem yang akhir-akhir ini terjadi di Indonesia juga menarik perhatian pembaca sepanjang Minggu. Badan Meteorologi, Kilmatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut perubahan iklim secara global telah mengakibatkan cuaca ekstrem di Indonesia.

    Berikut rangkuman berita terpopuler:

    1. Pemukulan Petugas Rutan, KPK Sebut Pengacara Nurhadi Giring Opini Publik

    KPK buka suara soal pernyataan kuasa hukum Nurhadi, Maqdir Ismail. Maqdir dinilai telah menggiring opini masyarakat.
     
    "Sebagai bagian dari penegak hukum, sangat disayangkan jika Pak Maqdir mengeklaim tidak tahu kronologis kejadian lalu berasumsi dengan menduga-duga atas kejadian tersebut, terlebih sengaja menggiring publik dengan opini keliru soal kejadian dimaksud," kata pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Minggu, 31 Januari 2021.
     
    KPK mempersilakan Maqdir berkomunikasi dengan kliennya. Pihak Rutan Salemba cabang KPK pasti akan memfasilitasi komunikasi tersebut.

    Baca selengkapnya di sini

    2. Dua Flyover Tapal Kuda di Ibu Kota Rampung Maret 2021

    Pengerjaan proyek flyover Tapal Kuda di Tanjung Barat dan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, masih 97 persen. Proyek unggulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ini diprediksi rampung Maret 2021.
     
    "Kalau mau bicara penggunaan permanen, sampai peresmian ya di Maret 2021," ujar Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho saat meninjau pelaksanaan uji coba flyover Tanjung Barat, Minggu, 31 Januari 2021.
     
    Menurut Hari, flyover sejatinya sudah laik digunakan. Namun, sebagian konstruksi bangunan belum selesai, seperti pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) yang membelah dua flyover itu.

    Baca selengkapnya di sini

    3. Cuaca Ekstrem di Indonesia Disebabkan Perubahan Iklim Global

    BMKG menyebut perubahan iklim secara global telah mengakibatkan cuaca ekstrem di Indonesia. Seperti munculnya El Nino dan La Nina.
     
    Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebut Indonesia telah mengalami fenomena El Nino dan La Nina yang terjadi berulang sejak 1950 hingga 1980. Namun, saat itu pengulangan terjadi dalam kurun waktu lima hingga tujuh tahun
     
    Namun, pada 1981 hingga 2019 pengulangan cuaca ekstrem mengalami percepatan. "Setiap dua sampai tiga tahun terjadi fenomena ekstrem El Nino kekeringan yang panjang dan La Nina yaitu musim hujan basah yang panjang. Ini adalah fakta dan data," ujar Dwikorita dalam konferensi pers secara virtual, Minggu, 31 Januari 2021.

    Baca selengkapnya di sini

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id