DPR Akan Tuntaskan ASABRI Usai Jiwasraya

    Whisnu Mardiansyah - 13 Januari 2020 11:47 WIB
    DPR Akan Tuntaskan ASABRI Usai Jiwasraya
    Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. Foto: MI/Susanto
    Jakarta: DPR akan menuntaskan perkara kerugian di PT Asuransi Jiwasraya sebelum masuk ke PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI). Penyelidikan awal kasus ASABRI dapat diserahkan kepada Kementerian Pertahanan (Kemhan).

    "Ya saya pikir satu-satu dulu. Ini baru (kasus) PT Asuransi Jiwasraya nanti kita tuntaskan kemudian ASABRI nanti kita lihat bagaimana kasusnya," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 13 Januari 2020.

    Dari informasi yang didapatnya, Dasco menyebut PT ASABRI memang merugi. Kementerian Pertahanan tengah menginventarisasi masalah-masalah di dalam internal PT ASABRI.

    "Saya dengar sebentar lagi akan ada pergantian-pergantian direksi ASABRI untuk memudahkan Kementerian Pertahanan melakukan investigasi yang dianggap perlu," jelas politikus Partai Gerindra itu.

    Senada, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta seluruh asuransi dan yayasan dana pensiun pelat merah diaudit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). PT ASABRI pun harus dipereteli.

    "Kini mulai terkuak investasi PT ASABRI sepanjang tahun 2019 yang ambles di 12 perusahaan dengan nilai total kerugian ditaksir melebihi Rp10 triliun," kata Bamsoet di Jakarta, Senin, 13 Januari 2019.

    Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menerima informasi dugaan korupsi di PT ASABRI (Persero). Perusahaan ini juga bermasalah seperti PT Jiwasraya yang membuat negara merugi Rp 10,4 triliun.

    "Tidak kalah fantastisnya dengan kasus Jiwasraya, di atas Rp10 triliun," kata Mahfud di Jakarta, Jumat, 10 Januari 2020.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id