Polisi Awasi Pelabuhan Tikus

    Yurike Budiman - 18 Desember 2019 17:58 WIB
    Polisi Awasi Pelabuhan Tikus
    Mobil mewah diselundupkan ke Pelabuhan Tanjung Priok. Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah
    Jakarta: Kepolisian akan memperketat penjagaan di jalur pelabuhan pasca pengungkapan penyelundupan kendaraan mewah di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Petugas bakal lebih banyak diterjunkan. 

    "Kita hanya mengekspos yang di Tanjung Priok. Tapi tidak menutup kemungkinan di pelabuhan-pelabuhan tikus maupun di pelabuhan yang lain, modus seperti ini juga berlangsung," kata Kapolri Jenderal Idham Azis, di Jakarta, Rabu, 18 Desember 2019.

    Idham memastikan Kepolisian berkomitmen membantu Bea Cukai mencegah penyelundupan kendaraan mewah. Ia memerintahkan jajaran hingga tingkat Polda buat membantu Bea Cukai menangani kasus penyelundupan. 

    Dia melanjutkan pihaknya bakal membentuk tim khusus bersama Kejaksaan Agung dan kementerian terkait buat megantisipasi penyelundupan. "Sehingga kita berharap ketika di sidang pengadilan nanti para pelaku dihukum yang seberat-beratnya," ujar dia. 

    Idham meyakini hukuman berat bakal memberikan efek jera pada pelaku. Sehingga ke depan tidak ada lagi yang berani melakukan penyelundupan. 

    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku penyelundupan kerap terjadi lewat jalur tikus. Salah satunya pelabuhan di Timur Sumatra.

    Dia menyebut perlu pengamanan berlapis buat mencegah penyelundupan. Ia juga mendukung pembentukan tim khusus dari berbagai instansi terkait.

    "Saya mohon kepada Bapak Kapolri khususnya kita buat satu tim tertentu karena di tempat-tempat itu satu kontainer bisa masuk dalam sungai-sungai yang kecil seperti halnya penyelundupan narkoba narkoba itu juga terjadi," beber Budi. 



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id