Eks Menag Diperiksa KPK

    Candra Yuri Nuralam - 15 November 2019 15:00 WIB
    Eks Menag Diperiksa KPK
    Eks Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin diperiksa KPK. Foto: Candra Yuri Nuralam/Medcom.id
    Jakarta: Eks Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kuat dugaan, Lukman akan dimintai keterangannya terkait kasus jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama.

    "Ada kebutuhan klarifikasi lanjutan pada proses penyelidikan terkait pelaksanaan kewenangan di Kementerian Agama saat menjabat," kata juru bicara KPK Febri Diansyah kepada Medcom.id, Jakarta, Jumat, 15 November 2019.

    Lukman tiba di Gedung KPK sekitar pukul 13.30 WIB. Dia langsung masuk untuk menjalani pemeriksaan.

    Febri memastikan Lukman diperiksa sebagai saksi. "Kalau di lidik semua saksi," ujar Febri.

    Nama Lukman disebut dalam sidang vonis kasus dugaan suap jual beli jataban di lingkungan Kementerian Agama dengan terdakwa Haris Hasanudin, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur. Majelis Hakim Pengadilan Tipikor menyatakan Lukman menerima Rp70 juta dari Haris. 

    Uang tersebut untuk memuluskan langkah Haris menjadi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur. Lukman menerima suap tersebut secara bertahap. 

    Pertama, uang diterima Lukman dari Haris sebesar Rp50 juta saat bertemu di Hotel Mercure, Surabaya, Jawa Timur, pada 1 Maret 2019. Pemberian uang kedua sebesar Rp20 juta melalui ajudan Lukman, Herry Purwanto, di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, pada 9 Maret 2019.

    Saat ini, KPK sudah menetapkan tiga tersangka dalam kasus dugaan jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama. Yakni, Haris, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik nonaktif Muafaq Wirahadi, dan eks Ketua Umum PPP Romahurmuziy.

    Haris dan Muafaq sudah divonis bersalah oleh Pengadilan Tipikor. Haris dihukum dua tahun bui, sedangkan Muafaq divonis satu tahun dan enam bulan. Sementara itu, Romi masih bersidang di Pengadilan Tipikor.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id