Kamera Pengawas di Seragam Polisi Bisa Lacak Posisi Polantas

    Candra Yuri Nuralam - 15 Oktober 2019 06:55 WIB
    Kamera Pengawas di Seragam Polisi Bisa Lacak Posisi Polantas
    Polisi lalu lintas sedang mengatur kepadatan lalu lintas di wilayah Matraman, Jakarta Pusat. Foto: MI/Ramdani.
    Jakarta: Kamera pengawas yang ada pada seram polisi lalu lintas dilengkapi dengan Global Positioning System (GPS). Hal ini ditujukan untuk memantau pergerakan polisi lalu lintas yang bekerja di lapangan.

    "Fitur itu untuk men-tracking posisi petugas, sama seperti digital map di back office, jadi dimana posisi petugas bisa terpantau, selain adanya live streaming kita bisa mantau petugas," kata Kasie STNK Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Arif Fazlurrahman saat dihubungi, Senin, 14 Oktober 2019.

    Arif mengatakan pengadaan sistem ini dilakukan untuk memudahkan operator Traffic Management Centre (TMC) Polda Metro Jaya saat mencari lokasi petugas yang membutuhkan bantuan. Tim dari TMC Polda hanya perlu melihat titik lokasi dari petugas yang membutuhkan bantuan dari sistem GPS yang sudah tertanam di kamera.

    "Dengan GPS itu kita bisa langsung direct akses ke petugas di sekitaran dia ada kecelakaan petugas yang dekat bisa kita panggil dan kita arahkan kesana jadi lebih cepat," ujar Arif.

    Arif menjelaskan, petugas di lapangan hanya butuh untuk menekan tombol panik yang ada di kamera untuk meminta bantuan. Kamera akan langsung memberitahu lokasi petugas TMC Polda dengan sistem GPS yang terhubung dengan internet.

    Petugas juga bisa melakukan panggilan dengan operator TMC menggunakan kamera tersebut. Fitur panggilan ini bisa digunakan oleh petugas di lapangan untuk mendeskripsikan kebutuhan darurat yang dibutuhkan.

    Arif mengklaim sistem ini lebih akurat ketimbang menggunakan handie talkie (HT) yang sudah ada sebelumnya. Dia yakin ke depannya body camera bisa mempercepat pengiriman bantuan dan memaksimalkan pemantauan petugas polisi lalu lintas di lapangan.

    "Kalau yang lama di HT, ini kan enggak berbasis internet seperti yang saat ini, jadi manggilnya masih manual siapa yang terdekat disitu. Dengan adanya body camera ini kita pantau di digital map," tutur Arif.

    Sebelumnya, seragam anggota polisi lalu lintas akan dilengkapi dengan kamera. Kamera ini akan menjadi pengawas untuk para anggota di lapangan.

    "(Tujuannya) untuk melihat kegiatan dan tindakan anggota di lapangan dalam pengawasan," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir saat dikonfirmasi.

    Nasir menjelaskan, kamera itu akan ada di saku seragam para anggota. Kamera tersebut juga bisa merekam suara yang langsung terkoneksi dengan ruang kontrol TMC Polda Metro Jaya secara langsung.



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id