Polisi Kantongi Tiga Bukti Perdagangan Manusia ABK WNI

    Cindy - 13 Mei 2020 19:49 WIB
    Polisi Kantongi Tiga Bukti Perdagangan Manusia ABK WNI
    Ilustrasi/Medcom.id
    Jakarta: Kepolisian telah menemukan tiga bukti petunjuk terkait tindak pidana perdagangan orang (TPPO) anak buah kapal (ABK) Indonesia di Kapal Long Xing. Status kasus naik ke tahap penyidikan.

    "Bukti berupa keterangan saksi, dokumen dan sejumlah petunjuk," kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Ferdy Sambo saat dihubungi, Rabu 13 Mei 2020.

    Baca: PT APJ Diperiksa Terkait Perdagangan Orang

    Pihaknya menemukan indikasi perdagangan manusia lewat keterangan awal 14 ABK WNI di kapal tersebut. Korps Bhayangkara akan melanjutkan proses administrasi penyidikan dengan mengirim Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU).

    Selanjutnya, para ABK yang pulang akan kembali dimintai keterangan. "Kita besok akan berita acara penyidikan (BAP) secara pro justitia empat orang ABK," ungkap Sambo.

    Sambo menegaskan penyidik akan menyasar perorangan atau korporasi yang memberangkatkan ABK tak sesuai prosedur. Baik Perhubungan Laut, imigrasi Pemalang dan Tanjung Priok serta Syahbandar terkait.

    MBC merupakan media pertama yang melaporkan dugaan eksploitasi ABK WNI di kapal Tiongkok. MBC menerima informasi adanya dugaan eksploitasi dari laporan sejumlah ABK WNI yang bekerja di kapal Long Xing 629.
     
    Dari kesaksian para WNI di laporan tersebut, mereka mengaku bekerja hingga 30 jam sehari. Mereka tidak diberi makanan layak, waktu istirahat yang sedikit, dan upah tak sesuai kontrak.
     
    Sebanyak empat WNI meninggal dunia di kapal itu pada Desember 2019. Sebanyak tiga jenazah ABK WNI dilarung ke laut, sedangkan seorang lainnya meninggal setelah sempat mendapat perawatan di Busan.
     
    Sebanyak 14 ABK WNI yang bekerja di kapal tersebut telah kembali ke Tanah Air. Jenazah ABK WNI juga telah tiba di Indonesia pada Kamis, 7 Mei 2020 dan dibawa ke rumah duka pada Minggu 10 Mei.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id