Eks Polisi Rampok Warga Pakai Modus Penggerebekan Narkoba

    Siti Yona Hukmana - 16 April 2021 17:05 WIB
    Eks Polisi Rampok Warga Pakai Modus Penggerebekan Narkoba
    HW (celana pendek biru) mantan anggota polisi yang menggunakan modus penggerebekan kasus narkoba untuk merampok korban. Medcom.id/Siti Yona Hukmana



    Jakarta: HW, mantan anggota Polda Metro Jaya merampok rumah warga di Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat. HW dan rekan menggunakan modus penangkapan dan penggerebekan tersangka narkoba dalam beraksi.

    "HW ini mantan pecatan polisi, karena desersi. Bukan anggota Polri lagi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat, 16 April 2021.






    Perampokan terjadi di Kampung Kedung Waringin Tengah RT 003/RW 004, Desa Kedung Waringin, Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sekitar pukul 23.54 WIB, Selasa, 30 Maret 2021. HW beraksi bersama empat rekannya.

    Keempatnya ialah RM alias O, MS alias G, MIA, dan PW. Kelimanya melancarkan aksi pencurian dengan kekerasan (curas) dan bergaya bak anggota polisi.

    "Saat mengetuk pintu bilang, 'saya dari polda tiarap-tiarap!'. Curas (modus) antik, karena mengaku anggota Polri yang akan melakukan penggerebekan dan penggeledahan rumah yang diduga tersangka," ungkap Yusri.

    Kelima tersangka membagi perannya masing-masing. RM membantu kendali operasi perampokan. Sementara itu, empat rekannya membantu RM mengambil barang-barang korban.

    "Korban enggak dikasih napas. Masuk kelima-limanya, lalu mengambil barang-barang. Setelah itu meninggalkan rumah," ujar Yusri.

    Baca: Polisi Periksa Rekaman CCTV Buru Perampok BRI Kukun Tangerang

    Kasus ini terungkap setelah korban melapor ke Polsek Bojong Gede pada Rabu, 31 Maret 2021. Korban menyebut ada lima pelaku. Satu di antaranya mengaku sebagai anggota Polri. Polisi langsung menyelisik perampokan ini berbekal keterangan korban.

    Polisi mendapat petunjuk pelaku sering berada di Kampung Pabuaran, Desa Pabauran, Bojong Gede. Kemudian, polisi memburu pelaku dan berhasil menangkap kelimanya di Desa Bojongbaru, Bojonggede, Kabupaten Depok, Jawa Barat sekitar pukul 19.30 WIB, Jumat, 9 April 2021.

    Polisi menyita sejumlah barang bukti yang merupakan barang curian dari rumah korban. Rinciannya, satu ponsel merek Oppo A12, satu ponsel merek Asus Zenfone, satu ponsel merek Xiomi Redmi 9, satu ponsel merek Samsung Grand Prime, dan uang tunai Rp2 juta.

    Kelima tersangka ditahan. Mereka dijerat Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan. HW dkk terancam hukuman penjara sembilan tahun.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id