Kejagung Gali Bukti Penyimpangan Dana Bantuan KONI Lewat Pejabat Kemenpora

    Kautsar Widya Prabowo - 21 Mei 2020 09:36 WIB
    Kejagung Gali Bukti Penyimpangan Dana Bantuan KONI Lewat Pejabat Kemenpora
    Ilustrasi Kejaksaan Agung. Dok. Media Indonesia
    Jakarta: Kejaksaan Agung memeriksa Kepala Bagian Keuangan pada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Donny Armayn. Keterangnya untuk mendalami dugaan korupsi dalam pemberian dana bantuan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat kepada Kemenpora.

    "Untuk mendapatkan bukti-bukti penyimpangan yang terjadi dalam pemberian bantuan dana KONI Pusat tahun 2017 tersebut," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Hari Setiyono, dalam keterangan tertulis, Kamis, 21 Mei 2020.

    Kejagung juga memeriksa Bendahara Pengeluaran Pembantu Saklat Prima Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Supriono. Keterangan Supriono dibutuhkan untuk kasus yang sama.

    "Kedua saksi merupakan saksi yang sebelumnya sudah pernah diperiksa oleh tim jaksa penyidik," tuturnya.

    Total sebanyak 51 saksi dan dua orang ahli telah diperiksa terkait kasus dugaan rasuah ini. Penyidik Kejagung juga telah menyita 253 dokumen dan surat yang diduga terkait dengan rasuah.

    Pada Selasa, 19 Mei 2020, penyidik telah memeriksa tiga saksi dalam kasus dugaan korupsi dana bantuan KONI Pusat ke Kemenpora. Saksi tersebut di antaranya asisten pribadi mantan Menpora Imam Nahrawi, Miftahul Ulum. Keteranganya untuk mendalami perkara ini.

    Kesaksian Ulum akan disesuaikan dengan keterangan yang disampaikan Imam saat di persidangan. Terkhusus perihal adanya pemberian sebesar Rp7 miliar kepada mantan Jampidsus Adi Toegarisman untuk menghentikan perkara ini.

    Kejagung masih terus mengumpulkan bukti dari kasus dugaan korupsi ini dan menunggu hasil penghitungan kerugian keuangan negara dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id