Wajah Terbaru Djoko Tjandra

    Siti Yona Hukmana - 06 Juli 2020 11:21 WIB
    Wajah Terbaru Djoko Tjandra
    Buron kasus korupsi cessie (hak tagih) Bank Bali, Djoko Soegiarto Tjandra. MI/Soleh
    Jakarta: Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin membeberkan wajah terbaru buron kasus korupsi Djoko Soegiarto Tjandra. Perilisan foto untuk membantu penegak hukum.

    "Hal ini untuk membantu aparat penegak hukum menangkapnya dan dapat dipublikasikan media dalam rangka diketahui publik guna membantu aparat penegak hukum menangkapnya," kata Boyamin di Jakarta, Senin, 6 Juli 2020.

    Dalam foto yang dirilis MAKI, Djoko nampak mengenakan jas hitam dan kemeja putih. Dia berfoto dengan latar belakang merah dengan rambut cepak. Djoko nampak tersenyum. 

    Wajah Terbaru Djoko Tjandra
    Buron kasus korupsi Djoko Tjandra. DOK MAKI.

    Djoko tengah mengajukan peninjauan kembali (PK) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dia sudah dua kali mangkir sidang dengan alasan sakit.

    Djoko mendaftar PK atas kasusnya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 8 Juni 2020. Sidang perdana berlangsung Senin, 29 Juni 2020.

    Djoko merupakan terdakwa kasus pengalihan hak tagih Bank Bali senilai Rp904 miliar yang ditangani Kejaksaan Agung. Kejaksaan pernah menahan Djoko pada 29 September 1999 hingga Agustus 2000. Tapi, hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memutuskan ia bebas dari tuntutan karena perbuatannya bukan pidana melainkan perdata.

    Kejaksaan mengajukan PK terhadap kasus Djoko ke Mahkamah Agung pada Oktober 2008. Majelis hakim memvonis Djoko dua tahun penjara dan harus membayar Rp15 juta. Uang milik Djoko di Bank Bali Rp546,166 miliar dirampas negara. Imigrasi juga mencegah Djoko.

    Djoko kabur dari Indonesia ke Port Moresby, Papua Nugini, pada 10 Juni 2009, sehari sebelum MA mengeluarkan putusan perkaranya. Kejaksaan kemudian menetapkan Djoko sebagai buronan.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id