comscore

Polisi Telusuri Bos 58 Aplikasi Pinjol Pengancam Nasabah

Rahmatul Fajri - 27 Mei 2022 15:10 WIB
Polisi Telusuri Bos 58 Aplikasi Pinjol Pengancam Nasabah
Ilustrasi pinjol ilegal yang meresahkan masyarakat/Medcom.id/M Rizal
Jakarta: Polisi menelusuri bos yang mengendalikan 58 aplikasi pinjaman online (pinjol) pengancam nasabahnya. Sebanyak 11 tersangka yang mengoperasikan 58 aplikasi itu telah ditahan.

"Sementara kami memang belum bisa untuk melakukan penangkapan karena memang mungkin mereka (tersangka) terputus komunikasi siapa yang perintahkan mereka. Mereka tertutup. Kemudian memang kemungkinan mereka tidak ada di sini (Indonesia)," kata Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis di Polda Metro Jaya, Jumat, 27 Mei 2022.
Auliansyah mengatakan 58 aplikasi pinjol telah ditutup. Penutupan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Di sisi lain, Auliansyah mengungkap perubahan operasi praktik kerja pinjol ilegal. Pusat pengendalian aplikasi tersebar di beberapa titik dan tak dilakukan di satu kantor seperti dahulu.

Baca: Hati-hati, 100 Pinjol Ilegal Muncul Lagi

"Sekarang mereka mainnya sudah tidak di kantor lagi mereka. Jadi mereka mainnya di rumah. Nah, ini yang agak kesulitan bagi kita. Namun, kami tetap konsisten kami akan berantas pinjol sampai kapan pun," katanya.

Polisi mengungkap 58 aplikasi pinjol yang mengancam nasabahnya ketika menagih pinjaman.  Berdasarkan pemeriksaan, para tersangka melakukan penagihan secara daring kepada nasabahnya.

Atas perbuatannya, 11 tersangka itu dijerat dengan Pasal 27 Ayat 4 juncto Pasal 45 Ayat 4 dan atau Pasal 29 juncto Pasal 45 b dan atau Pasal 32 Ayat 2 juncto Pasal 46 Ayat 2 dan atau Pasal 34 ayat 1 juncto Pasal 50 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman penjara paling singkat empat tahun, paling lama 10 tahun dan denda Rp10 miliar.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id