KPK Minta Kementan Perkuat Integritas Antikorupsi

    Candra Yuri Nuralam - 08 Oktober 2021 05:23 WIB
    KPK Minta Kementan Perkuat Integritas Antikorupsi
    Ketua KPK Firli Bahuri/Media Indonesia/Susanto



    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta semua pejabat negara di Kementerian Pertanian (Kementan) untuk menguatkan integritas antirasuah. KPK tidak mau ada perkara korupsi di Kementan.

    "Karena integritas lah yang bisa mencegah, mengurangi, dan mengurungkan niat untuk melakukan korupsi," kata Ketua KPK Firli Bahuri melalui keterangan tertulis, Jumat, 8 Oktober 2021.

     



    Firli mengatakan peringatan itu penting dilakukan karena Kementan ujung tombak pangan di Indonesia. Jika ada kasus korupsi di Kementan, masyarakat bakal langsung merasakan dampaknya.

    Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berjanji menguatkan integritas seluruh jajarannya. Syahrul sadar instansinya tidak boleh disusupi sikap koruptif karena bakal langsung menyusahkan rakyat.

    "(Sebanyak) 273 juta orang yang menjadi tanggung jawab kami. Kami nangani makanannya rakyat," ujar Syahrul.

    Baca: KPK Sebut Banyak Pengawas Internal Daerah Tak Netral

    Syahrul mengatakan instansinya tidak hanya mengurusi soal pangan masyarakat Indonesia. Kementan juga mengurusi masalah gizi, dan pekerjaan rakyat. Sehingga, kata dia, tindakan korupsi akan sangat mengkhianati rakyat.

    "Kami nangani lapangan kerja terbesar. Kami nangani masalah kesehatan rakyat. Kami enggak boleh salah prediksi. Kami enggak boleh salah hitung, kami enggak boleh berpura-pura," ujar Syahrul.

    Syahrul juga meminta bantuan KPK untuk terus memasang mata dalam beberapa program di Kementan. Lembaga Antikorupsi diminta membantu Kementan untuk menjaga agar tidak disusupi kasus rasuah.

    "Tata kelola menjadi agenda-agenda yang kami minta bantuan. Tolong periksa kami, periksa SOP-nya. Saya siap, karena saya tidak ingin masuk penjara," tutur Syahrul.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id