comscore

Polri Diminta Mendalami Kemungkinan Kelalaian Pejabat Level Atas di Kebakaran Lapas Tangerang

Anggi Tondi Martaon - 21 September 2021 18:32 WIB
Polri Diminta Mendalami Kemungkinan Kelalaian Pejabat Level Atas di Kebakaran Lapas Tangerang
Kebakaran Lapas Klas 1 Tangerang. Foto: Dok/Medcom.id
Jakarta: Polisi diminta mengusut tuntas kebakaran di Lapas Klas I Tangerang, Banten. Penyidikan diminta tak hanya berhenti pada penetapan tiga tersangka.

"Bareskrim Polri kami harapkan menyidik lebih jauh," kata anggota Komisi III DPR Arsul Sani saat dihubungi, Selasa, 21 September 2021.
Setidaknya ada dua hal yang harus didalami pihak berwajib. Pertama, melihat kemungkinan pejabat lapas level atas dipidana.

"Apakah pejabat lapas level di atas tersebut juga memenuhi syarat untuk dimintai pertanggungjawabannya secara pidana," kata dia.

Kedua, mendalami kemungkinan adanya unsur kesengajaan dalam kebakaran lapas tersebut. Pasalnya, penetapan tersangka berbasis Pasal 359 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).

"Penyidik Polri perlu mendalami kemungkinan adanya unsur kesengajaan dalam peristiwa kebakaran lapas berdasar Pasal 187 KUHP," ujar dia.

Baca: Penyelidikan Kebakaran Lapas Tangerang Tak Cukup Hanya Penetapan 3 Tersangka

Polisi telah menetapkan tiga tersangka kebakaran Lapas Klas I Tangerang, yakni RU, S, dan Y. Mereka merupakan petugas lapas.

"Kesemuanya ini adalah pegawai lapas yang bekerja pada saat kejadian," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin, 20 September 2021.

Yusri menyebut ketiga tersangka memenuhi unsur Pasal 359 KUHP tentang kelalaian yang mengakibatkan orang meninggal dunia. Namun, polisi masih mendalami terkait Pasal 187 dan 188 KUHP terkait kealpaan dan kesengajaan yang mengakibatkan kebakaran.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id