Ketua KPK Tegaskan Bukan Kuda Troya

    Candra Yuri Nuralam - 14 Juni 2021 08:33 WIB
    Ketua KPK Tegaskan Bukan Kuda Troya
    Ketua KPK Firli Bahuri dalam konferensi pers penetapan tersangka Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Minggu, 28 Februari 2021. Foto: KPK



    Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan tidak ada 'orang besar' yang mengaturnya selama bekerja di Lembaga Antikorupsi. Firli menegaskan bukan kuda troya yang dipasang untuk menghancurkan KPK dari dalam.

    "Tidak ada yang berada di belakang saya. Saya tidak punya backing!" tegas Firli dalam acara Kick Andy Metro TV, Minggu, 13 Juni 2021.

     



    Eks Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri itu mendaftar sebagai pimpinan KPK tanpa dibawa 'orang besar.' Dia memastikan terpilih sebagai pimpinan KPK karena karier yang dibangun selama ini.

    Baca: Firli Ungkap Hal-hal yang Disaring Lewat Tes Wawasan Kebangsaan

    "Begitu sulit dan panjang perjalanan kehidupan saya sampai hari ini saya bisa menjadi ketua KPK," ujar Firli.

    Mantan ajudan Wakil Presiden ke-11 Boediono itu juga membantah mempunyai latar belakang politik. Sebagai polisi, Firli mengaku jauh dari lobi-lobi politik.

    "Saya bukan orang politisi. Saya juga tidak ada kedekatan ideologis dengan partai politik, tidak ada juga orang penguasa di negeri ini bersama-sama saya, apalagi di belakang saya. Tidak ada sama sekali," kata Firli.

    Pria kelahiran Lontar, Muara Jaya, Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan, 8 November 1963, itu menekankan tidak pernah berpikir untuk melemahkan Lembaga Antirasuah. Firli mengaku bekerja maksimal memberantas korupsi di Indonesia selama menjabat.

    Dia mengamini banyak orang yang tidak menyukainya sejak menjadi nakhoda KPK. Penolakan itu bahkan berasal dari pegawainya sendiri. Menanggapi itu, Firli memilih menutup kuping dan tetap bekerja memberantas korupsi di Indonesia.

    "Makanya saya katakan, walaupun saya ditolak oleh pegawai untuk jadi ketua KPK, tidak pernah jutaan jari manusia yang mampu menurunkan seseorang jikalau satu jari Tuhan ingin dia di atas. Yakinlah itu," ucap dia.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id