1.194 Personel Jaga Sidang Lanjutan Rizieq Shihab

    Siti Yona Hukmana - 30 Maret 2021 08:52 WIB
    1.194 Personel Jaga Sidang Lanjutan Rizieq Shihab
    Ilustrasi sidang Rizieq Shihab. DOK Istimewa



    Jakarta: Pengadilan Negeri Jakarta Timur (Jaktim) kembali menggelar persidangan kasus pelanggaran protokol kesehatan dengan terdakwa Muhammad Rizieq Shihab. Ribuan aparat TNI-Polri diterjunkan untuk menjaga sidang.

    "Ada 1.194 pengamanan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa, 30 Maret 2021.






    Jumlah personel pengamanan berkurang dari sidang sebelumnya, sebanyak 1.985 personel. Namun, Yusri memastikan pengamanan tak kendur.

    Pihaknya memasang barikade kawat berduri. "Supaya ada batasan. Antisipasi, jadi kita sortir yang ada di sana," ujar Yusri.

    Yusri menyebut pengamanan diperketat dengan pemasangan kawat berduri menyusul penangkapan empat terduga teroris, Senin, 29 Maret 2021. Keempatnya ditangkap di Condet, Jakarta Timur, dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

    (Baca: Persidangan Rizieq Shihab Disarankan Kembali Digelar Virtual)

    Dia mengimbau simpatisan Rizieq tidak datang ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Sidang dapat disaksikan streaming di rumah masing-masing.

    "Sebaiknya tidak usah ke sana, nanti kita dengar saja hasilnya seperti apa," ujar Yusri.

    Eks pentolan Front Pembela Islam (FPI) itu didakwa menimbulkan lonjakan kasus covid-19. Lonjakan usai kegiatan akad nikah putri Rizieq dan Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan, Jakarta Pusat, pada Sabtu, 14 November 2020.
     
    Jaksa mengatakan sebanyak 259 sampel dikirim ke puskesmas. Sebanyak 33 sampel dinyatakan positif dan 226 negatif covid-19 dari hasil uji laboratorium.

    "Dengan selesainya acara pernikahan putri terdakwa tersebut, memperburuk kedaruratan kesehatan masyarakat dengan pandemi wabah penyakit covid-19 meningkat," kata jaksa dalam sidang yang digelar virtual, Jumat, 19 Maret 2021.

    Kemudian, acara pernikahan dan Maulid Nabi dihadiri 5.000 orang. Rizieq bersama Ahmad Sabri Lubis, Haris Ubaidillah, Maman Suryadi, Idrus alias Idrus Al-Habsyi dan Ali Alwi Alatas bin Alwi Alatas, disebut tak mengindahkan imbauan protokol kesehatan yang sebelumnya disampaikan mantan Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara dan mantan Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id