KPK Tampung Laporan Kasus Gagal Bayar di Industri Keuangan

    Fachri Audhia Hafiez - 19 November 2020 11:26 WIB
    KPK Tampung Laporan Kasus Gagal Bayar di Industri Keuangan
    Ketua KPK Firli Bahuri. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mendalami setiap laporan terkait kasus dugaan gagal bayar perusahaan asuransi. Lembaga Antikorupsi berpeluang menelisik hal-hal yang tidak beres di industri keuangan tersebut.

    "KPK terima kasih dan mengapresiasi atas semua informasi yang disampaikan masyarakat. Tentu kita akan dalami setiap informasi," ujar Ketua KPK Firli Bahuri saat dikonfirmasi, Kamis, 19 November 2020.

    Beberapa perusahaan yang bergerak di sektor keuangan disebut mengalami gagal bayar. Misalnya di sektor koperasi, yakni Koperasi Indo Surya, Koperasi Hanson, LiMa Garuda, Koperasi Pracico, dan Koperasi Sejahtera Bersama.

    Kemudian, di sektor investasi dan pengelolaan aset, terdapat Minna Padi Asset Management, Victoria Manajemen Investasi, Mahkota Investama, Emco Asset Management, Narada Asset Management, dan Indosterling Optima Investama. Sementara di sektor asuransi terdapat beberapa perusahaan yang bermasalah seperti PT Asuransi Bumiputera (AJB), PT Asuransi Jiwasraya, Wana Artha Life, dan Kresna Life.

    Baca: KPK Diminta Menyelidiki Kasus Gagal Bayar di Sektor Keuangan

    Sebelumnya, anggota Komisi III DPR Trimedya Panjaitan mendesak KPK turun tangan menyelidiki maraknya kasus gagal bayar di sektor industri keuangan. Lembaga Antirasuah juga diminta menyentuh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

    Trimedya minta kasus gagal bayar di industri keuangan dituntaskan. Penanganan oleh KPK juga sebagai bagian dari supervisi aparat penegak hukum.

    "KPK sebagai supervisi sudah harus melakukan hal itu dan itu harusnya sudah otomatis," kata Trimedya melalui keterangan tertulis, Selasa, 17 November 2020.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id