Pimpinan DPR Apresiasi Semangat Perubahan yang Ditawarkan Kapolri

    Anggi Tondi Martaon - 08 Mei 2021 23:45 WIB
    Pimpinan DPR Apresiasi Semangat Perubahan yang Ditawarkan Kapolri
    Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Achmad. Foto: Istimewa



    Jakarta: Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Achmad mengapresiasi semangat perubahan yang ditawarkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam 100 hari memimpin Korps Bhayangkara. Salah satu pencapaian menonjol Kapolri, yakni memaksimalkan penggunaan teknologi.

    Virtual police telah menegur 419 pembuat konten di media sosial yang dinilai melanggar Undang-Undang Nomor Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Kapolri dianggap menunjukkan transformasi kepolisian yang modern.

     



    "Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mewujudkan institusi Polri di era 4.0 yang yang lebih humanis dan berkeadilan sesuai dengan program dalam konsep Presisi," ungkap Dasco dalam keterangan tertulis, Sabtu, 8 Mei 2021.

    Baca: Berbagai Aplikasi Tingkatkan Pelayanan Polri untuk Masyarakat

    Menurut dia, pemanfaatan teknologi tidak hanya dilakukan dalam virtual police, tetapi dalam pelayanan masyarakat. Hal ini terlihat pada peluncuran pengurusan surat izin mengemudi (SIM) online, tilang online, hingga pengaduan online.

    "Ini menunjukkan Polri yang transformatif dan adaptif terhadap perkembangan zaman," urai politikus Partai Gerindra itu.

    Kapolri dalam hasil survei berbagai lembaga, kata dia, juga berhasil meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap Polri hingga 84,2 persen. Hal ini dianggap menjadi indikasi keberhasilan Kapolri mereformasi birokrasi di internal kepolisian dengan penegakan hukum yang humanis.

    Soal penanganan covid-19, ia menilai Polri menjadi garda terdepan dalam menyukseskan program pemerintah menekan laju penularan virus. Polisi terlibat dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro hingga pengawasan libur hari raya.

    "Dengan kapasitas serta kemampuan yang dimiliki oleh Kapolri beserta jajarannya, saya optimistis visi Presisi yang ditawarkan oleh Kapolri itu dapat terwujud dan menjadikan institusi kepolisian yang demokratis (democratic policing)," ungkap Dasco.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id