Pelapor Amien Rais Siapkan Tiga Saksi Ahli

Arga sumantri - 17 April 2018 14:19 wib
Amien Rais. Foto: Antara/Joko Sulistyo.
Amien Rais. Foto: Antara/Joko Sulistyo.

Jakarta: Cyber Indonesia menyiapkan saksi ahli dalam kasus ujaran kebencian dan penodaan agama yang menyeret politikus PAN Amien Rais. Ketua Cyber Indonesia Aulia Fahmi menyebut ada tiga ahli disiapkan.
 
"Kalau mengenai UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) biasanya ahli yang harus dipenuhi itu ahli pidana, ahli bahasa, terus nanti ada ahli IT," kata Aulia saat dihubungi, Selasa, 17 April 2018.
 
Para saksi ahli itu diharapkan bisa memperkuat laporan polisi terhadap Amien Rais. Aulia belum merinci nama-nama ahli yang disiapkan."Kita sudah punya gambaran (ahli-ahli yang akan ditunjuk)," ujarnya.
 
Aulia mengatakan, para saksi ahli belum dimintai keterangan dalam waktu dekat. Pasalnya, tahapan penyelidikan masih mengumpulkan keterangan pelapor, dan terlapor, atau saksi-saksi fakta lain yang dibutuhkan.
 
"Ahli itu nanti (tahapan pemeriksaan) terakhir," ungkapnya.

Baca: Amien Rais Dilaporkan ke Polisi

Aulia melaporkan Amien Rais ke polisi pada Minggu, 15 April, atas ceramahnya yang mendikotomikan partai Allah dan partai setan di Masjid Baiturrahim, Mampang Prapatan, Jakarta, Jumat 13 April. Polisi telah memeriksa Aulia sebagai pelapor, sehari berselang.
 
Aulia menyebut pemeriksaan dilakukan atas inisiatif pribadi agar bisa segera memberikan klarifikasi atas laporan yang ditangani Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Dalam pemeriksaan kemarin, Aulia juga memboyong dua anggota Cyber Indonesia bernama Husein Shahab dan Muhammad Rizki untuk turut diperiksa.




(FZN)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.