comscore

Pengusutan Mafia Tanah Sudah Jadi Tugas KPK

Candra Yuri Nuralam - 25 Mei 2022 07:58 WIB
Pengusutan Mafia Tanah Sudah Jadi Tugas KPK
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. Foto: MI/Susanto
Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyambut baik rencana pemerintah menggandeng instansinya masuk dalam tim lintas kementerian untuk mengusut tuntas kasus mafia tanah di Indonesia. Pengusutan kasus mafia tanah sudah menjadi tugas KPK meski tidak disuruh pemerintah.

"Kami sangat menyambut baik jika KPK dilibatkan. Karena tidak dilibatkan saja kami memang diatur dalam tugas pokok kami," kata Firli di Jakarta, Rabu, 25 Mei 2022.
Firli mengatakan KPK mempunyai kemampuan yang mumpuni untuk membantu pemerintah dalam mengusut tuntas kasus mafia tanah di Indonesia. Pasalnya, sebagian tupoksi KPK berkaitan dengan masalah lahan dan perizinan.

KPK sudah sering menertibkan masalah perizinan dan pemanfaatan lahan di beberapa daerah di Indonesia. Masalah perizinan dan pemanfaatan lahan itu diyakini serupa dengan kasus mafia tanah yang membuat pemerintah jengkel.

Baca: Kejagung Apresiasi Rencana Pembentukan Tim Pemberantas Mafia Tanah

Penertiban masalah perizinan dan pemanfaatan lahan yang dilakukan KPK ini juga bagian dari strategi nasional pemberantasan korupsi (Stranas PK). Stranas PK selalu mendorong upaya percepatan implementasi kebijakan satu peta.

"Kalau kita bicara soal one map policy (kebijakan satu peta) kita bicara soal  pemanfaatan perizinan lahan dan tanah," ujar Firli.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id