comscore

Petinggi WanaArtha Life Diperiksa Polisi

Siti Yona Hukmana - 17 Juni 2022 14:55 WIB
Petinggi WanaArtha Life Diperiksa Polisi
Ilustrasi. (Medcom.id)
Jakarta: Sebanyak 60 saksi diperiksa dalam tahap penyidikan kasus penipuan dan pemalsuan data pemegang polis PT WanaArtha Life. Beberapa di antaranya merupakan direksi perusahaan asuransi itu. 

"Saksi pemegang polis 40 orang diperiksa, saksi agen 14 orang, saksi direksi tiga orang," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan saat dikonfirmasi, Jumat, 17 Juni 2022.
Whisnu menerangkan penyidik juga telah memeriksa saksi ahli asuransi, korporasi, dan saksi ahli ketenagakerjaan untuk pengumpulan bukti dalam perkara tersebut. Penyidik juga melakukan penggeledahan Kantor WanaArtha serta menganalisis bukti digital.

"Penyidik telah melakukan penyitaan bukti polis, alat bukti digital, rekening koran dan sebagainya. Selanjutnya, rencana tindak lanjut menggelar perkara penetapan tersangka," ungkap Jenderal bintang satu itu 

Whisnu mengatakan penetapan tersangka dilakukan setelah mengantongi dua alat bukti. Tersangka dapat dipersangkakan Pasal 75 Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 2014 terkait menyampaikan informasi tidak benar kepada pemegang polis dan Pasal 76 UU yang sama terkait menggelapkan premi asuransi, dan Pasal 81 jo Pasal 82 dalam UU yang sama terkait tindak pidana korporasi asuransi.

Baca: Nasabah Minta MA Kabulkan Pengembalian Dana Wanaartha Life

Kasubdit V Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Kombes Ma’mun, membenarkan petinggi PT WanaArtha Life berinisial YM dan DH dimintai keterangan sebagai saksi. Dia memastikan perkara itu sudah naik tahap penyidikan. 

"Sudah sidik (penyidikan)," kata dia. 

Sementara itu, mantan Direktur Keuangan dan Investasi WanaArtha Life, Daniel Halim, belum bersedia untuk memberikan komentar terkait kasus tersebut. Daniel juga menyatakan senada soal Financial Statement (FS) Wanaartha 2020 yang baru dipublikasikan beberapa hari belakangan.

"Saya mohon maaf belum bisa berkomentar apapun. Saya teruskan ke corsec (corporate secretary) ya," kata dia saat dikonfirmasi terpisah.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id