Lapas Disebut Tak Membuat Jera Pelaku Kejahatan Seksual Anak

    Fachri Audhia Hafiez - 04 Agustus 2019 02:14 WIB
    Lapas Disebut Tak Membuat Jera Pelaku Kejahatan Seksual Anak
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Mohammad Rixal.
    Jakarta: Kabag Penum Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra tak menyangka narapidana kejahatan seksual pada anak, TR (25), masih bisa melakukan kasus serupa. Meski dari balik lapas, ia melakukan kejahatan seksual anak melalui media sosial atau child grooming.

    "TR sedang menjalani hukuman pidana penjara tujuh tahun enam bulan. Sekarang sedang menjalani tahun kedua," kata Asep dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 3 Agustus 2019.

    Dari tangan TR, polisi menyita alat komunikasi dan laptop. Sebanyak 1.300 foto dan 50 video turut disita.

    "Ini jadi bahan masukan kenapa kemudian di lapas masih ada handphone yang bisa dioperasionalkan oleh napi. Dari situ dia melakukan kejahatan seksual melalui modus operandi grooming," ujar Asep.

    Asep menjelaskan modus yang dilakukan pelaku berupa manipulasi psikologis. Ia mencari korbannya melalui media sosial menggunakan akun palsu.

    Setelah target ditemukan, TR langsung mencari tahu identitas terdekat korban, dalam kasus ini ialah guru. TR kemudian memalsukan identitasnya sebagai guru korban. Komunikasi yang dilakukan antara TR dengan korban hanya melalui dunia maya.

    "Ia mengklaim sebagai guru (korban). Dia minta mengirim foto tak senonoh, misal tanpa menggunakan pakaian. Dia juga mengancam," tutur Asep.

    Asep menegaskan pihaknya telah melakukan tindakan preventif untuk mencegah kasus tersebut terulang. Salah satunya dengan melakukan patroli terhadap akun-akun oleh Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Mabes Polri.

    "Terhadap konten-konten akun yang melibatkan pornografi, apabila itu menjadi sebuah gejala yang tidak bisa lagi kita ingatkan kita lakukan penegakan hukum," tegas Asep.



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id