Menag Rekomendasikan Perpanjangan Izin FPI

    Arga sumantri - 28 November 2019 18:24 WIB
    Menag Rekomendasikan Perpanjangan Izin FPI
    Menteri Agama Fachrul Razi. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra
    Jakarta: Menteri Agama Fachrul Razi merekomendasikan perpanjangan izin organisasi Front Pembela Islam (FPI). Rekomendasi telah disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

    "Kami sudah mengkaji, kami sudah final (merekomendasikan) memang ada proses selanjutnya," kata Fachrul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 28 November 2019.

    Fachrul mengatakan Kemenag akan mengupayakan langkah lanjutan bila diperlukan. Kemenag akan mengomunikasikan hal-hal yang masih dianggap meragukan dalam badan organisasi FPI. 

    Misalnya, dugaan paham yang dinilai bertentangan dengan Indonesia dalam anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) FPI. Fachrul mengaku sudah mengonfirmasi hal tersebut kepada FPI.

    "Kami tanya penjelasannya itu yang dimaksud beda dengan HTI (Hizbut Tahrir Indonesia), setelah kita baca berbeda dengan HTI," ujarnya.

    Fachrul menyebut pemerintah bisa membuat komitmen lanjutan dengan FPI. Misalnya, pernyataan FPI siap setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila.

    "Kemudian tidak melanggar hukum, sehingga yang itu bisa dieliminasi. Teman-teman yang perlu dieliminasi, diubah, kita coba diskusi. Saya kira semua enteng-enteng saja," ujarnya.

    Fachrul menegaskan keputusan perpanjangan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) FPI ada di tangan Kemendagri. Kemenag cuma memberikan rekomendasi. 

    "Pilihan itu pasti ada yang suka, ada yang enggak suka, tapi saya menyampaikan sesuai kewenangan kita," ujar dia. 

    Situs resmi Kemendagri menunjukkan izin ormas FPI ditandai dengan nomor SKT 01-00-00/010/D.III.4/VI/2014. Masa berlaku SKT tersebut 20 Juni 2014 hingga 20 Juni 2019.






    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id