Pemerintah Optimistis Persepsi Korupsi Indonesia Meningkat

    Desi Angriani - 24 Januari 2020 13:37 WIB
    Pemerintah Optimistis Persepsi Korupsi Indonesia Meningkat
    Juru bicara presiden, Fadjroel Rachman. Foto: Damar Iradat/Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah optimistis indeks persepsi korupsi (IPK) atau corruption perception index (CPI) Indonesia akan meningkat pada 2020. Pemerintah mengeklaim sudah konsisten memerangi rasuah dengan memperkuat Lembaga Antikorupsi.

    "Pada 2020 dan seterusnya skor CPI Indonesia akan naik lagi secara signifikan. Mari bersama-sama kita perangi korupsi untuk mencapai Indonesia Maju," kata juru bicara presiden, Fadjroel Rachman, di Jakarta, Jumat, 24 Januari 2020.

    Fadjroel mengatakan indeks persepsi korupsi selama ini terus meningkat dari skor 38 pada 2018 menjadi 40 di 2019. Indeks persepsi korupsi juga pernah naik dua angka pada 2012 dan 2014

    "Pemerintah bersyukur indeks persepsi korupsi nasional naik dari 38 menjadi 40 pada 2019," kata Komisaris Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk ini.

    Transparency International sebelumnya merilis IPK Indonesia berada di skor 40 atau peringkat 85 dari 180 negara. Organisasi internasional ini rutin mengeluarkan skor IPK dengan mengurutkan negara berdasarkan persepsi publik terhadap korupsi di jabatan publik, dan politis. Skor berdasarkan indikator 0 sangat korup hingga 100 yang berarti sangat bersih.





    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id