comscore

Polisi yang Marahi Korban Perampokan Rawamangun Dipastikan Disanksi

Siti Yona Hukmana - 15 Desember 2021 10:07 WIB
Polisi yang Marahi Korban Perampokan Rawamangun Dipastikan Disanksi
Ilustrasi polisi/Medcom.id
Jakarta: Mabes Polri memastikan Aipda Rudi Panjaitan, petugas Unit Pelayanan Terpadu Polres Jakarta Timur mendapat sanksi. Rudi merupakan petugas yang viral akibat menolak dan memarahi korban perampokan di Rawamangun, Jakarta Timur.

"Segala sanksi bisa diberikan disesuaikan dengan kesalahan yang dilakukan oleh anggota itu," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono saat dikonfirmasi, Rabu, 15 Desember 2021. 
Rusdi mengatakan pemberian sanksi bakal disesuaikan. Mulai pelanggaran disiplin, etika, dan pidana berbeda. 

Baca: Begini Nasib Polisi yang Menolak Laporan Korban Rampok

"Sanksi yang diberikan itu sudah ada aturan yang mengatur, yang jelas prinsipnya di institusi Polri tidak ada pembiaran," ujar jenderal bintang satu itu. 

Aipda Rudi menjalani sidang etik profesi hari ini, 15 Desember 2021. Hukuman yang menanti Rudi dapat berupa penundaan naik pangkat, penundaan lanjut sekolah, dan hukuman skors 21 hari.

Tak tertutup kemungkinan, Polda Metro Jaya melakukan asesmen lanjutan. Sanksinya bisa lebih berat. 

"Oknum polisi yang bermasalah, khususnya di Polda Metro Jaya akan dilakukan asesmen. Apabila tidak layak bertugas, maka akan dipindahkan untuk dilakukan pembinaan lanjutan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam Sisi Metropolitan di Metro TV, Selasa, 14 November 2021.

Seorang perempuan berinisial KM dirampok usai mengambil uang dari ATM di Jalan Sunan Sedayu, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat, 10 Desember 2021. Korban melaporkan kejadian itu ke pihak kepolisian.

Namun, laporannya malah ditolak dan dimarahi oleh oknum polisi. "Polisi tersebut justru ngomelin saya, lagian ibu ngapain sih punya ATM banyak-banyak. Kalau begini jadi repot, apalagi banyak potongan biaya admin juga dengan nada bicara tinggi," tutur korban di akun Instagram @kumalemata, dikutip pada Senin, 13 Desember 2021." 

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id