Polisi Telusuri Video Perempuan Gunting Bendera Merah Putih

    Cindy - 16 September 2020 18:09 WIB
    Polisi Telusuri Video Perempuan Gunting Bendera Merah Putih
    Ilustrasi pengumpulan bukti. Medcom.id/M Rizal
    Jakarta: Video perempuan menggunting kain yang diduga bendera merah putih viral di media sosial. Polisi tengah menelusuri video tersebut.

    "Ada tiga orang terlapor untuk kasus ini, kita juga sudah memeriksa, berinisial PO, AM, dan DYH," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 16 September 2020.

    Pemeriksaan berdasar atas laporan polisi model A nomor IX/2020 tanggal 15 September 2020. Perbuatan tersebut dinilai merusak, menodai, menghina, atau merendahkan bendera merah putih dengan cara memotong menggunakan gunting.

    "Saat ini kasus ditangani oleh Polres Sumedang. Barang bukti yang didapat satu buah gunting warna hitam, potongan bendera merah putih, dan satu buah telepon genggam," ucap Argo.

    Ketiga terlapor disangkakan Pasal 66 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 juncto Pasal 24 huruf a Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Mereka dapat dipidana penjara paling lama lima tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta.

    Video itu diviralkan pertama kali oleh akun media sosial Twitter FerdinandHaean3. Video tersebut memperlihatkan seorang perempuan mengenakan daster berwarna merah tengah menggunting kain diduga bendera Merah Putih.

    Kemudian dua orang lainnya menyodorkan bendera tersebut untuk digunting. Terlihat juga seorang anak lelaki di dalam video tersebut. Jiwa anak lelaki itu diduga terganggu. Dia tak bisa lepas dari bendera Merah Putih.

    "Bahkan tidur pun harus dengan Merah Putih. Jadi mungkin pelaku kesal sehingga menggunting Merah Putih," tulis akun FerdinandHaean3.

    (SUR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id