Tersisa Enam Pasien Covid-19, Kapolda Metro Cek Kampung Tangguh di Tangsel

    Fachri Audhia Hafiez - 07 Maret 2021 15:53 WIB
    Tersisa Enam Pasien Covid-19, Kapolda Metro Cek Kampung Tangguh di Tangsel
    Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran meninjau Kampung Tangguh Jaya (KTJ) di RW 19 Villa Inti Persada, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. Foto: Dok. Polda Metro Jaya



    Jakarta: Kampung Tangguh Jaya (KTJ) di RW 19 Villa Inti Persada, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, berhasil menekan laju kasus covid-19. Tersisa enam dari 66 orang yang positif covid-19 di wilayah itu.

    Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran langsung meninjau kawasan tersebut. Dia mengungkapkan ada sejumlah langkah untuk memutus rantai penyebaran covid-19.






    "Tadi ada swab antigen mandiri. Jadi seluruh penghuni RW 19 akan dilaksanakan swab antigen. Kalau ada yang positif akan diadakan isolasi mandiri atau dilanjutkan perawatan jika diperlukan," kata Fadil saat meninjau di lokasi, Minggu, 7 Maret 2021.

    Kampung tersebut juga menyediakan mobil khusus aktivitas testing, tracing, dan treatment (3T). Warga yang mempunyai latar belakang di bidang kesehatan akan diberikan pelatihan menjadi tester sekaligus relawan testing untuk mendeteksi penyebaran covid-19.

    "Ini cara paling efektif dalam memutuskan mata rantai covid-19. Dari masyarakat oleh masyarakat untuk masyarakat didukung pemerintah," ucap Fadil.

    (Baca: Program Kampung Tangguh DKI Disiplinkan Pemakaian Masker)

    Kampung dengan 1.500 kepala keluarga itu juga tangguh di bidang ekonomi. Warga melakukan budidaya komoditas pangan.

    "Budidaya tanaman obat, tanaman rempah-rempah kebutuhan rumah tangga seperti cabai, pisang, jahe dan cukup memberikan optimisme. Di samping itu dibuat budidaya ternak lele," ungkap Fadil.

    Fadil mengapresiasi kerukunan dan sikap gotong royong warga di Kampung Tangguh Jaya RW 19 Villa Inti Persada. Menurut dia, sikap itu harus selalu ditingkatkan selama pandemi covid-19.

    Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya menjadi penggagas program KTJ. Ketua RW 19 Villa Inti Persada, Ecep Suwardaniyasa, mengapresiasi program tersebut.

    Menurut dia kesuksesan program itu menjadi titik balik dalam memiliki standar operasional prosedur (SOP) bersama menyelesaikan pandemi di tingkat RT/RW. "Kalau semua RT/RW memiliki SOP yang sama menangani covid-19, saya kira ini akan jadi role model bagaimana bahu membahu, ini dapat menyelesaikan covid-19," ujar Ecep.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id