Eks Bos Lippo Cikarang Segera Dieksekusi

    Kautsar Widya Prabowo - 17 Januari 2020 16:12 WIB
    Eks Bos Lippo Cikarang Segera Dieksekusi
    Mantan Presiden Direktur Lippo Cikarang Bartholomeus Toto. Foto: Muhammad Adimaja/Antara Foto
    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merampungkan penyidikan terhadap eks Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Bartholomeus Toto (BTO). Berkas perkara dari tersangka kasus dugan suap pada proyek pembangunan Meikarta, Bekasi, itu akan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jawa Barat. 

    "Hari ini dilalukan pelimpahan berkas, barang bukti dan tersangka BTO, suap terkait pengurusan perizinan proyek pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi, ke penututan tahap dua," ujar plt juru bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat, 17 Januari 2020. 

    Toto telah menandatangani berkas P21 terkait kasusnya. Namun, dia mengaku tidak mengetahui dasar penetapan tersangka ini. Dia yakin pimpinan dan dewan pengawas KPK akan memberikan perhatian serius terhadap perkaranya.

    Toto juga akan membeberkan semua fakta saat persidangan untuk membebaskannya dari tuntutan jaksa penuntut umum. "Sudah P21, akhir bulan saya akan ke Bandung," ujar dia.

    KPK telah menetapkan 11 tersangka dalam kasus dugan suap pada proyek Meikarta. Termasuk Toto. 

    Toto ditugaskan Lippo Karawaci untuk 'menyelesaikan' izin pembangunan Meikarta ke Bupati Bekasi ketika itu, Neneng Hassanah Yasin. Toto diduga memberikan Rp10,5 miliar untuk memuluskan izin pembangunan kawasan Meikarta. Namun, Toto sejak awal membantah pemberian uang tersebut.

    Toto disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau b atau Pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 64 ayat (1) dan Pasal 55 ayat (1) ke-1.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id