Sidang Unlawful Killing, Begini Kronologi Penembakan Laskar FPI Versi Dakwaan

    Aria Triyudha - 19 Oktober 2021 03:14 WIB
    Sidang <i>Unlawful Killing,</i> Begini Kronologi Penembakan Laskar FPI Versi Dakwaan
    Sidang unlawful killing di PN Jaksel. Foto: Medcom.id/Aria Triyudha



    Jakarta: Sebanyak dua personel Resmob Polda Metro Jaya, Fikri Ramadhan dan Yusmin Ohorella, didakwa membunuh dan menganiaya. Keduanya terseret kasus unlawful killing atau penembakan di luar hukum terhadap empat eks anggota Laskar Front Pembela Islam (FPI).

    Dalam dakwaan unlawful killing itu, jaksa penuntut umum (JPU) mengatakan pembunuhan dan penganiayaan empat mantan laskar FPI itu terjadi di Kilometer (KM) 50 Tol Jakarta-Cikampek pada Senin, 7 Desember 2020. Kasus bermula dari ketidakhadiran Muhammad Rizieq Shihab pada pemeriksaan kedua kasus pelanggaran protokol kesehatan (prokes) di Polda Metro Jaya.

     



    "Ternyata Rizieq menghindar dengan berbagai alasan dan tidak hadir. Polda Metro Jaya kemudian mendapat informasi pendukung massa Rizieq pada Senin, 7 Desember 2020, akan memutihkan, geruduk, dan kepung Polda Metro Jaya pada saat pemeriksaan Rizieq," ujar jaksa saat membacakan dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Senin, 18 Oktober 2021.

    Polda Metro Jaya mengantisipasi pergerakan itu. Terdakwa Briptu Fikri Ramadhan, terdakwa Ipda M Yusmin Ohorella, Ipda Elwira Priadi Z (telah meninggal), saksi Aipda Toni Suhendar, Bripka Adi I, Bripka Faisal KA, dan Bripka Guntur P diperintahkan menyelidiki rencana massa pendukung Moh Rizieq mendatangi Polda.

    Mereka kemudian memantau simpatisan Rizieq Shihab di perumahan The Nature Mutiara Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dengan tiga mobil, pada Minggu, 6 Desember 2020, pukul 22.00 WIB. Para polisi itu membuntuti ketika rombongan Rizieq meninggalkan perumahan itu menggunakan 10 mobil.

    Baca: Sidang Unlawful Killing Eks Laskar FPI, Ini Dakwaan 2 Polisi

    Mobil yang dikemudikan Bripka Faisal KA dan ditumpangi Briptu Fikri Ramadhan, Ipda M Yusmin Ohorella, Ipda Elwira Priadi Z dihalangi mobil Chevrolet Spin abu-abu dan Toyota Avanza silver. Gesekan itu terjadi di Pintu Keluar Tol Karawang Timur pada Senin dini hari, 7 Desember 2020 pukul 00.05 WIB.

    Di Jalan International atau Jalan Interchange Kabupaten Karawang, mobil Toyota Avanza yang dikemudikan anggota FPI menyenggol mobil polisi. Meski sempat mengejar, mobil polisi kemudian dipepet dan diberhentikan mobil Chevrolet Spin. 

    Sebanyak empat orang membawa senjata tajam muncul dari dalam mobil Chevrolet. Mereka menghampiri mobil berisi polisi tersebut. Salah seorang di antaranya kemudian menyerang dan mengarahkan senjata tajam ke kaca depan mobil.

    Para polisi itu merespons dengan melontarkan tembakan peringatan ke atas. Mereka berteriak "polisi" dan meminta keempat orang itu tak bergerak. Keempat anggota FPI itu lalu berlari ke arah mobil yang ditumpangi.

    Tidak lama berselang, dua orang muncul dari mobil laskar FPI dan  mengarahkan tembakan ke mobil polisi hingga tiga kali. Polisi membalas tembakan itu. Pasalnya, para anggota FPI itu berencana kabur. 

    Anggota laskar FPI, Faiz AS, tertembak di bagian lengan oleh Bripka Faisal KA. Anggota FPI, Andi Oktiawa, tertembak di punggung kiri. Meski tertembak, kedua laskar FPI itu masuk ke mobil Chevrolet Spin. 

    Aksi kejar-kejaran diwarnai saling tembak terjadi. Briptu Fikri Ramadhan dan Ipda M Yusmin Ohorella mengarahkan tembakannya ke arah penumpang bagian belakang mobil. Sementara itu, anggota FPI yang menembak ada di bagian depan pengemudi.

    Mobil yang dikemudikan polisi kemudian menemukan mobil laskar FPI di Rest Area KM 50 di Tol Karang Barat. Mobil itu menabrak pembatas jalan dan kendaraan yang sedang terparkir.
     

    Halaman Selanjutnya
    Bripka Faisal KA, Briptu Fikri…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id