Polda Metro Jaya Ancang-ancang Buat Skema Penyekatan Mudik 2021

    Siti Yona Hukmana - 08 April 2021 04:58 WIB
    Polda Metro Jaya Ancang-ancang Buat Skema Penyekatan Mudik 2021
    Ilustrasi polisi berjaga di titik penyekatan. ANT/Asep Fathurahman



    Jakarta: Polda Metro Jaya belum mengeluarkan titik-titik penyekatan pelarangan mudik Lebaran 2021. Polisi menunggu kebijakan pemerintah.

    "Kita masih menunggu kebijakan dari pemerintah untuk hal ini, tetapi sudah kita persiapkan rencana pengamanannya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu, 7 April 2021.






    Yusri mengatakan skema pengamanan sama dengan penyekatan mudik Lebaran 2020. Yakni membuat pos pengamanan di jalan tol, arteri, dan ruas jalan lainnya.

    "Tetapi ini masih wacana, karena kita harus menunggu kebijakan dari pemerintah. Nanti kalau sudah keluar kebijakan itu baru kita rapatkan bersama, bagaimana cara bertindak di lapangan," ungkap Yusri.

    (Baca: Menhub Bakal Tindak Tegas Kendaraan Pribadi yang Nekat Mudik)

    Dia menyebut hasil rapat bersama juga diperlukan untuk mengetahui jumlah personel yang akan dikerahkan ke lapangan. Kemudian, jangka waktu pemberlakuan penyekatan.

    Polda Metro Jaya membuat 18 pos pengamanan (pospam) atau pos penyekatan terpadu di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada mudik Lebaran 2020. Pospam terpadu besar didirikan di Pintu Tol Cikarang Barat dan Pintu Tol Cikupa.

    Sebanyak 16 pospam terpadu lainnya berada di jalur arteri dan protokol. Sebanyak lima titik pospam terpadu di Tangerang Kota, yakni di Jalan Lippo Karawaci, Batuceper, Ciledug, Kebun Nanas, dan Jatiuwung. Sebanyak dua pospam berada di Jalan Puspitek dan Curug, Tangerang Selatan.

    Lalu, dua pospam di wilayah Depok, yakni Jalan Raya Bogor Cibidong dan Jalan Raya Bogor Citayam. Kemudian, tiga pospam di Jalan Sumber Artha, Bantargebang, dan Cakung, Kota Bekasi. Selanjutnya, empat pospam di Bekasi Kabupaten, yakni Jalan Cibarusah, Kedungwaringin, Bojongmangu dan Pebayuran.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id