Densus 88 Tangkap 2 Terduga Teroris di Jawa Timur

    Theofilus Ifan Sucipto - 31 Maret 2021 16:14 WIB
    Densus 88 Tangkap 2 Terduga Teroris di Jawa Timur
    Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono. Medcom.id/Siti Yona Hukmana



    Jakarta: Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap dua terduga teroris di Jawa Timur. Keduanya ditangkap di dua daerah berbeda, yakni Tulungagung dan Nganjuk.

    "Penangkapan di Tulungagung, satu orang laki-laki berinisial NM usia 45 tahun dan penangkapan di Nganjuk satu orang laki-laki berinisial LAM usia 25 tahun," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 31 Maret 2021.






    Rusdi menyebut keduanya bagian dari kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) wilayah Tulungagung dan Nganjuk. Tim Densus 88 mengamankan sejumlah barang bukti saat penangkapan.

    "Dua buah senjata api, laptop, handphone, dan buku tentang fikih jihad," kata dia.

    Baca: Densus 88 Tangkap Satu Terduga Teroris di Makassar

    Tim Densus 88, kata Rusdi, tengah mendalami peran NM dan LAM, serta barang bukti. Termasuk, potensi keterlibatan keduanya dalam bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan.

    "Sampai saat ini belum ada relasi antara (penangkapan di) Jawa Timur dengan Makassar. Ini sedang dialami," ujar jenderal bintang satu itu.

    Sebelumnya, Densus 88 kembali menangkap satu terduga teroris di Makassar, Sulawesi Selatan berinisial I, 40. Dia masuk kelompok Villa Mutiara yang diduga menjadi lokasi terduga teroris melakukan kajian dan mempelajari cara membuat bahan peledak.

    Hingga saat ini, total terduga teroris yang ditangkap sebanyak 10 orang. Selain NM, Lam, dan I yang ditangkap hari ini, Densus 88 lebih dulu menangkap 7 terduga teroris.

    Mereka, yakni AS, SAS, MR, dan AA pada Senin, 29 Maret 2021. Kemudian tiga orang perempuan berinisial M, MM, dan MAN, yang diringkus pada Selasa, 30 Maret 2021.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id