Empat Teroris di Jakarta Hingga Tangsel Siapkan 100 Bom

    Siti Yona Hukmana - 30 Maret 2021 17:41 WIB
    Empat Teroris di Jakarta Hingga Tangsel Siapkan 100 Bom
    Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Medcom.id/Siti Yona Hukmana



    Jakarta: Polisi menangkap empat teroris ZA, 37; AJ, 46; BS, 43; dan HH, 56 pada Senin, 29 Maret 2021. Keempat tersangka diketahui telah menyiapkan bahan peledak tingkat tinggi atau triacetone triperoxide (TATP) seberat 2 kilogram (kg).

    "Kalau mau ditotalkan semua itu hampir 100 lebih bom yang akan disiapkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 30 Maret 2021.






    Yusri mengatakan ada 12 bom yang siap diledakkan. Sebanyak lima bom di kediaman ZA di Bengkel Sinergy Motor, Jalan Raya Cikarang, Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat (Jabar).

    Kemudian, tujuh bom di kediaman tersangka HH, yakni showroom motor di Jalan Raya Condet Nomor 1, Kelurahan Bakr Kambang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. Yusri menyebut bahan baku peledak atau pembuat TATP itu ditemukan di kediaman tersangka ZA yang merupakan pelaku peracik bom.

    "Ditemukan juga ada bom panci, ada lagi yang low explosive, dia sudah atur. Yang dia enggak makan sendiri adalah takjil. Kalau sudah jadi itu (bom) dikatakan takjil oleh mereka," kata Yusri.

    Sementara itu, tersangka HH adalah motivator, fasilitator, hingga pendana pembuat bom tersebut. HH juga orang yang merencanakan pertemuan di rumahnya dengan tersangka lainnya, ZA, BS, dan AJ.

    "Pertemuan untuk mengajarkan cara membuat bom dan membiayai pembelian bahan-bahan pembuatan bom," ujar Yusri.

    Baca: Tiga Instruksi Kapolri Usai Pengeboman Makassar

    Bom yang dihasilkan pun tidak hanya berkekuatan ledakan tinggi. Bahannya juga terdapat gotri (logam bulat kecil) atau paku.

    "Jadi, kalau meledak menancap. Meledak paku-paku itu akan terbang ke orang-orang yang ada di situ," kata Yusri.

    Tersangka AJ ditangkap di Cirendeu, Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Dia berperan membantu ZA membuat bom. Sedangkan, BS ditangkap di Mal Mangga Dua, Jakarta Barat. BS berperan memberitahu tersangka lainnya cara pembuatan bom.

    Keempat tersangka telah ditahan. Mereka dijerat Pasal 15 jo Pasal 7 dan atau Pasal 9 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme dengan ancaman pidana minimal 15tahun penjara.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id