comscore

Angin Prayitno Banding Kasus Suap Perpajakan, KPK Siap Menangkis

Candra Yuri Nuralam - 01 Maret 2022 18:03 WIB
Angin Prayitno Banding Kasus Suap Perpajakan, KPK Siap Menangkis
Mantan Direktur Pemeriksaan dan Penagihan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Angin Prayitno Aji (kanan), di Pengadilan Tipikor/MI Susanto
Jakarta: Mantan Pejabat Dirjen Pajak, Angin Prayitno Aji, mengajukan banding dalam kasus suap perpajakan. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan siap melawan banding itu.

"Tentu tim jaksa KPK akan segera siapkan kontra memori banding untuk membantah seluruh dalil keberatan yang diajukan oleh terdakwa dimaksud," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK, Ali Fikri, melalui keterangan tertulis, Selasa, 1 Maret 2022.
Ali menuturkan KPK telah menerima surat banding tersebut. KPK yakin bakal menang lantaran bukti yang dimiliki sangat kuat.

"Kami berharap majelis hakim tingkat banding akan menolak upaya hukum terdakwa dan memutus sebagaimana tuntutan jaksa dalam perkara dimaksud," ujar Ali.

Baca: Tak Sesuai Perjanjian, Duit Suap Bank Panin Diserahkan Seluruhnya ke Angin Prayitno

Angin divonis sembilan tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider tiga bulan kurungan dalam kasus ini. Sementara itu, eks Kepala Subdirektorat Kerja Sama dan Dukungan Pemeriksaan Ditjen Pajak, Dadan Ramdani, divonis enam tahun penjara dan denda Rp300 juta subsider dua bulan kurungan.

Kedua orang itu divonis bersalah menerima suap dari tiga perusahaan. Tiga perusahaan itu yakni PT Gunung Madu Plantations, PT Jhonlin Baratama, dan PT Bank Pan Indonesia (Panin).
 
Kedua orang itu juga diberikan hukuman pidana pengganti dalam kasus ini sebesar Rp3.375 miliar dan SGD1,95 juta. Pidana itu wajib dibayar dalam waktu sebulan setelah vonis berkekuatan hukum tetap.
 
Jika tidak dibayar, jaksa bakal merampas harta benda keduanya untuk dilelang. Jika harta bendanya tidak cukup, hukuman penjara keduanya bakal ditambah selama dua tahun.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id