Satgas Antimafia Bola Awasi Bandar Mancanegara

    Kautsar Widya Prabowo - 20 Februari 2020 17:24 WIB
    Satgas Antimafia Bola Awasi Bandar Mancanegara
    Ketua Satgas Antimafia Bola Brigjen Pol Hendro Pandowo. Foto: Antara/Aditya Pradana Putra



    Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola Jilid III akan mengawasi setiap indikasi adanya judi bola yang berpotensi mengarah ke pengaturan skor. Tidak menutup kemungkinan pengawasan dilakukan hingga mancanegara.

    "Ada kemungkinan, (pengaturan skor) dilakukan bandar judi. Baik itu dilakukan luar negeri, Singapura, Malayasia, Vietnam, dan dari Indonesia tentu akan kita dalami," ujar Kepala Satgas Antimafia Bola Brigadir Jenderal Hendro Pandowo, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 20 Februari 2020.

     



    Satgas periode ini akan fokus langkah pencegahan pengaturan skor. Pasalnya, penindakan hukum dirasa cukup dilakukan Satgas Antimafia Bola Jilid I dan II dengan meringkus komite eksekutif (exco) PSSI hingga perangkat wasit.

    "Kami sampaikan kerja satgas jilid I dan II menanggkap 18 tersangka. Ada lima berkas semua dalam proses peradilan. Artinya jilid III lebih kepada tindakan preventif," tuturnya.

    Jenderal bintang satu itu jamin tidak ada lagi praktik pengaturan skor sepanjang masa kerja Satgas Antimafia Bola Jilid III, atau dari 1 Februari hingga 31 Agustus 2020. Satgas akan memperketat pengawasan di daerah dengan hadirnya 13 satgas wilayah di tempat berlangsungnya Liga I.

    "Harus (tidak ada pengaturan skor), kita akan perkuat monitoring dan pengawasan," pungkasnya.

    Satgas Antimafia Bola Awasi Bandar Mancanegara
    Anik Yuni Artika Sari (kanan) bersama dua pelaku pengaturan skor sepak bola Indonesia ditangkap pada 2019. Foto: Medcom.id/Muhammad Al Hasan


    Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan perusahaan data olahraga Sportradar telah mengklaim kemitraan mereka sejak 2013 menurunkan 21 persen pengaturan skor di Asia. Basis data riset AFC-Sportradar menyimpulkan sebagian besar pengaturan skor muncul dari praktik perjudian ilegal.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id