KPK Ogah Berspekulasi Dampak Keputusan MK

    Juven Martua Sitompul - 09 Februari 2018 20:57 WIB
    KPK Ogah Berspekulasi Dampak Keputusan MK
    Ketua KPK Agus Rahardjo (kanan) dan Wakil Ketua KPK Laode M Syarif (kiri). (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay).
    Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo belum mau berspekulasi lebih jauh terkait dampak putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak uji materi Pansus Hak Angket DPR untuk KPK. Alasannya, putusan itu masih didiskusikan internal Lembaga Antikorupsi.

    "Itu nanti kita diskusikan, makanya putusan MK itu apakah terbatas pada penagakan kasus hukum atau bagaimana," kata Agus di Gedung KPK, Jakarta, Jumat, 9 Februari 2018.

    Agus mengaku belum begitu paham soal putusan MK itu, khususnya soal kewenangan DPR untuk KPK. "Apakah teman-teman di DPR, misalkan, hanya boleh awasi tata kelola keuangan kita atau tata kelola pegawai kita? Mengenai itu kita diskusikan dulu," ujar dia.

    Kendati begitu, Agus menghormati keputusan MK. Namun, dia mencatat, dari sembilan hakim yang menyidang uji materi itu, ada empat hakim yang memiliki dissenting opinion.

    "Kemudian yang perlu dicermati dua kali dalam putusan itu untuk masalah yudisial kemudian kewenangan itu di DPR," kata dia.

    (Baca juga: KPK Kecewa MK Tolak Uji Materi Soal Hak Angket)

    MK menolak permohonan uji materi yang diajukan KPK terhadap hak angket KPK, kemarin. Dengan putusan ini, MK menyatakan hak angket KPK yang dibentuk DPR sah.

    Dalam uji materi, pembentukan hak angket itu tak sesuai dengan Pasal 79 ayat (3) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3). Para Pemohon menganggap KPK bukan termasuk unsur eksekutif sehingga tidak dapat dijadikan sebagai objek pelaksana hak angketoleh DPR.

    Namun, dalam pertimbangannya, MK menyatakan bahwa KPK adalah lembaga penunjang pemerintah yang dibentuk berdasarkan UU. Dengan demikian, KPK adalah lembaga eksekutif.



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id