Tujuh Tersangka Kerusuhan Papua Segera Diadili

    Juven Martua Sitompul - 28 November 2019 20:21 WIB
    Tujuh Tersangka Kerusuhan Papua Segera Diadili
    Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
    Jakarta: Berkas penyidikan tujuh tersangka kerusuhan di Papua dilimpahkan ke Kejaksaan. Ketujuh tersangka segera diadili dalam waktu dekat.

    “Kasusnya sudah P-21 dan kemudian sudah tahap 2 juga, sudah diserahkan kepada pihak Kejaksaan,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta, Kamis, 28 November 2019.

    Asep menuturkan berkas penyidikan tujuh tersangka tengah ditelaah jaksa. Selanjutnya, jaksa membutuhkan waktu 14 hari kerja buat menyusun surat dakwaan. 

    “Selanjutnya berproses sebagaimana mekanisme criminal justice di kita, persidangan dan seterusnya,” tutur dia. 

    Kerusuhan di Wamena mengakibatkan 10 kantor pemerintah rusak berat, yakni Kantor Badan Pengelola Keuangan Daerah, Kantor Inspektorat Daerah, Kantor Diskominfo, Kantor Satpol PP, Kantor Badan Lingkungan Hidup, Kantor PLN, dan Kantor Dishub.

    Sementara, 34 bangunan pemerintah rusak ringan, terdiri dari delapan kantor dan 26 sarana pendidikan. Kemudian, 450 ruko dan 165 rumah warga rusak.

    Kerusuhan pecah di Wamena pada 23 September 2019. Sebanyak 32 orang tewas, 72 orang terluka, dan ratusan rumah serta kantor pemerintah dibakar dan dirusak massa.

    Kepolisian menangkap tujuh tersangka. Mereka yakni Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Agus Kossay bersama enam rekannya, Buchtar Tabuni, Fery Kombo, Alexsande Gobai, Steven Itlay, Hengki Hilapok, dan Irwanus Uropmabin.

    Ketujuh tersangka kerusuhan Papua itu dipindahkan dari Rutan Polda Papua ke Rutan Polda Kalimantan Timur (Kaltim). Pemindahan buat mengantisipasi kericuhan lanjutan.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id