Polisi Teliti Laporan Henry Soal Hoaks Megawati Wafat

    Siti Yona Hukmana - 14 September 2021 16:03 WIB
    Polisi Teliti Laporan Henry Soal Hoaks Megawati Wafat
    ilustrasi/medcom.id



    Jakarta: Polda Metro Jaya menerima laporan Anggota DPR Henry Yosodiningrat terhadap pemilik akun YouTube Mahakarya Cendana dan TikTok Jatim070881 atas dugaan tindak pidana penyebaran informasi bohong alias hoaks. Kedua akun itu menyebarkan informasi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri wafat.

    "Laporan sudah terima di Krimsus Polda Metro Jaya, nanti kami akan teliti," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa, 14 September 2021. 

     



    Yusri mengatakan penyidik akan mengagendakan pemeriksaan saksi. Pihak pertama yang diperiksa ialah Henry, selaku pelapor.

    "Nanti kami rencanakan undang klarifikasi pelapor dengan membawa bukti-bukti yang ada," ujar Yusri. 

    Henry melaporkan kedua akun media sosial (medsos) itu pada Senin, 13 September 2021. Laporan teregistrasi Nomor: LP/B/4518/IX/SPKT/Polda Metro Jaya.

    Kedua akun itu telah menyebarkan video rekayasa yang mencatut nama Henry. Dalam video, Henry seolah-olah membenarkan rumor Megawati wafat.

    Baca: Bantah Hoaks, Megawati dalam Keadaan Sehat

    "Telah memfitnah saya dan menyebarkan berita bohong dengan cara membuat video rekayasa seolah-olah saya membenarkan rumor tentang wafatnya Ibu Megawati Soekarnoputri Ketua DPP Partai PDI Perjuangan," kata Henry saat dikonfirmasi, Selasa, 14 September 2021.

    Henry menyebut rekaman suara dan gambar tersebut merupakan video saat dirinya menyampaikan kabar duka atas meninggalnya adik dari suami Megawati, Nazarudin Kiemas. Video tersebut diambil pada 2019.

    "Itu rekaman gambar dan suara saya pada tahun 2019 saat wafatnya Bapak Nazarudin Kiemas, politisi senior PDI Perjuangan sekaligus adik kandung Almarhum Bapak Taufiq Kiemas," ujar Henry.

    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id