comscore

KPK: Penyidik Bisa Hitung Kerugian Negara Tanpa Libatkan BPK

Candra Yuri Nuralam - 09 Maret 2022 08:11 WIB
KPK: Penyidik Bisa Hitung Kerugian Negara Tanpa Libatkan BPK
Wakil Ketua KPK Alexander Marwaata. Foto: Dok KPK.
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut penghitungan kerugian negara tidak perlu menunggu Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atau Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Penyidik bisa menghitung sendiri kerugian negara.

"Penyidik seharusnya bisa melakukan penghitungan itu sendiri, berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata melalui keterangan tertulis, Rabu, 9 Maret 2022.
Alex mendorong penyidik di seluruh instansi penegak hukum menghitung sendiri kerugian negara dari perkara yang ditanganinya. Penghitungan sendiri bisa membuat penanganan perkara makin efektif.

Baca: KPK Ingatkan Pemerintah Bangka Belitung Tak Korupsi

Ia menyebut BPK dan BPKP terkadang lambat dalam melaporkan hasil penghitungan kerugian negara. Padahal, penyidik butuh penghitungan cepat untuk kepastian hukum.

"(Penghitungan sendiri) mengatasi lambatnya proses penghitungan kerugian keuangan negara oleh BPK atau BPKP," ujar Alex.

Alex mengatakan penilaian penghitungan kerugian negara dalam perkara korupsi bukan di tangan BPK dan BPKP. Penilaian tergantung dari hakim yang menjalankan sidang. Penegak hukum diminta tidak takut menghitung kerugian negara sendiri mulai dari sekarang.

"Yang kami harapkan dari pemeriksaan kerugian keuangan negara adalah tidak harus dari auditor negara, supaya penanganan perkara korupsi cepat, tidak lewat dari satu tahun," tutur Alex.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id