comscore

Kapolda Papua Sebut Satu Anggota Satgas Nemangkawi Tertembak karena Kurang Waspada

Kautsar Widya Prabowo - 19 Januari 2022 08:47 WIB
Kapolda Papua Sebut Satu Anggota Satgas Nemangkawi Tertembak karena Kurang Waspada
Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri. Istimewa.
Jayapura: Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri menyebut satu anggota Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi tertembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) karena kurang waspada. Peristiwa ini akan dievaluasi.

"Kemarin terjadi kalau kami kurang kehati-hatian mengubah pola penguasaan, sehingga kita sendiri yang menjadi sasaran," ujar Mathius di Gedung Mabes Polda Papua, Selasa, 18 Januari 2022.

 



Dia akan berupaya insiden tersebut tidak terulang. Apalagi, Satgas Nemangkawi bakal diganti menjadi Operasi Damai Cartenz 2022.

Menurut Mathius, operasi ini akan mengurangi tindakan penyerangan dan lebih mengedepankan pertahanan. Selain itu, operasi ini mengutamakan tindakan persuasif dan preemtif.

Kepala Operasi Damai Cartenz itu akan melibatkan sejumlah pihak terkait, mulai dari pemerintah daerah setempat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan lainnya. Jenderal bintang dua ini menyakini strategi baru ini akan lebih efektif dalam menangani KKB.

"Kalau itu (operasi) bisa dirubah ini menyulitkan mereka (KKB) menentukan kebiasaan kita di pos," kata dia.

Mantan Kasat Brigade Mobil (Brimob) Papua itu telah menginstruksikan jajaranya untuk tidak melakukan penembakan terlebih dulu ke KKB. Pasalnya, kontak senjata menimbulkan banyak kerugian.

Baca: Begini Pola Kerja Operasi Damai Cartenz di Papua

Salah satunya, jatuhnya korban dari masyarakat sekitar. Hal ini kerap dimanfaatkan KKB untuk memperburuk citra Indonesia.

"Saya minta tidak boleh merespons (KKB) berlebihan. Kami minta kesiapsiagaan (anggota) mengukur dan menghitung (dalam) melakukan pengawasan," tegas dia.

Sebelumnya, anggota Satgas Nemangkawi Bharatu Bachtiar ditembak KKB di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin, 17 Januari 2022. Timah panas mengenai anggota Brimob itu saat KKB meletuskan tembakan ke arah Pos Belukar.  

"Pada hari dan tanggal tersebut di atas pukul 06.00 WIT, piket siaga melaksanakan pemantauan situasi di seputaran Pos Belukar Kiwirok yang pada saat itu cuaca sedang terjadi kabut sangat tebal," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 17 Januari 2022.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id