Kompolnas Sebut Pam Swakarsa Berasal dari Keinginan Rakyat

    Candra Yuri Nuralam - 24 Januari 2021 13:51 WIB
    Kompolnas Sebut Pam Swakarsa Berasal dari Keinginan Rakyat
    Seragam baru satpam menggunakan baju didominasi warna cokelat yang juga dipakai kepolisian. Istimewa
    Jakarta: Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meminta masyarakat tidak terlalu khawatir dengan rencana pengaktifan pengamanan Swakarsa (Pam Swakarsa). Pam Swakarsa menjadi bahasa baku yang telah diatur undang-undang.

    "Pam itu artinya pengamanan. Swa artinya sendiri, karsa artinya keinginan masyarakat," kata Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto dalam acara Chrosscheck by Medcom.id dengan tema Listyo, Kapolri Non Muslim Pemersatu Ulama, Minggu, 24 Januari 2021.

    Benny mengatakan kekhawatiran masyarakat akan kehadiran Pam Swakarsa karena dipicu buruk di masa lalu. Padahal, kata dia, manfaat Pam Swakarsa lebih banyak ketimbang keburukannya saat itu.

    "Ini hanya kembali ada masa lalu yang kurang bagus, pernah digunakan untuk kepentingan yang lain masyarakat jadi trauma," ujar Benny.

    Masyarakat diminta tidak terlalu panik dengan adanya Pam Swakarsa. Kapolri terpilih, Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo, diyakini tidak bermaksud buruk dalam pengaktifan tim tersebut.

    "Jadi itu inisiatif masyarakat, ide masyarakat, dan kebutuhan masyarakat," ujar Benny.

    Benny sendiri menilai Pam Swakarsa bagus untuk membuat pelaporan kejahatan di lingkungan masyarakat jadi lebih cepat. Pasalnya, kata dia, polri tidak ada di setiap rukun tetangga (RT) untuk memantau tiap pergerakan rakyat.

    "Kita tahu polri terbatas jumlahnya, tidak mungkin setiap RT ada Polri. Di kelurahan memang ada Bhabinkamtibmas, itu sudah mewakili Polri," tutur Benny.

    Pam Swakarsa diharap bisa menambah mata polri dalam pelaporan kasus kejahatan. Polisi diminta memberikan edukasi ke masyarakat untuk berkoordinasi dalam melakukan laporan.

    "Tinggal kalau masing-masing RT ada siskamlingnya polri hanya tinggal membina, mengarahkan, dan melatih," ujarnya.

    Baca: Komjen Listyo Bakal Aktifkan Kembali Pam Swakarsa

    Sebelumnya, Listyo Sigit Prabowo, bakal mengaktifkan kembali Pam Swakarsa. Kebijakan ini diambil demi mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

    "Pam Swakarsa itu terbentuk atas kesadaran sendiri dari kepentingan masyarakat untuk kehadiran fungsi kepolisian agar lingkungan aman," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 22 Januari 2021.

    Konsep Pam Swakarsa merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri. Lalu, dituangkan ke Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2020.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id