Lobi Capim KPK Halal Asal Tak Transaksional

    M Sholahadhin Azhar - 09 September 2019 17:14 WIB
    Lobi Capim KPK Halal Asal Tak Transaksional
    Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang. Foto: MI/Rommy Pujianto
    Jakarta: Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengaku pernah melobi anggota Komisi III DPR Desmond J. Mahesa saat pemilihan calon pimpinan KPK. Saut mengatakan lobi dalam pemilihan capim KPK hal wajar. 

    "Itu tidak dilarang UU KPK, itu namanya kampanye. Apalagi waktu itu kita kan belum dikenal makhluk apa kita ini, itu namanya the art of negotiations," kata Saut saat dikonfirmasi, Senin, 9 September 2019.

    Saut menilai wajar menemui Desmond dan berbincang mengenai seleksi yang dilalui. Desmond duduk di komisi yang membawahi KPK. Saut mengaku menjelaskan program kerja bila menjadi pimpinan KPK periode 2015-2019. 

    "Yang enggak boleh itu kalau pidana, kampanye (masih bertemu). Selama enggak pakai transaksional itu baik, boleh. Datanglah dengan konsep," kata Saut.

    Dia menyebut bertemu Desmond tanpa embel-embel. Saut menegaskan tak pernah berbicara kasus. 

    "Desmond itu keren, lepas dia pilih saya atau tidak bahkan dia tidak pernah kontak saya dan sebaliknya, mungkin model ini baik diterapkan oleh 10 calon pimpinan KPK yang akan dipilih," kata Saut.

    Anggota Komisi III DPR Desmond J. Mahesa menyebut lobi politik calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jelang uji kepatutan dan kelayakan hal wajar. Lobi-lobi biasa dilakukan agar para calon pimpinan KPK diloloskan anggota dewan.

    Desmond mengaku sempat dilobi salah satu pimpinan KPK saat ini, Saut Situmorang, ketika proses uji kepatutan dan kelayakan di DPR. Ia mengeklaim lobi-lobi itu tidak menghasilkan kesepakatan apa pun.

    "Saya ajak makan, saya bayarin, tapi saya tidak deal apa-apa, dan dia juga enggak deal. Saya cuma bilang tegakan hukum," kata Desmond.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id