Ade Armando Diperiksa di Kasus Meme Anies

    Ilham Pratama Putra - 20 November 2019 09:58 WIB
    Ade Armando Diperiksa di Kasus Meme Anies
    Pakar komunikasi Universitas Indonesia (UI) Ade Armando. Foto: MI/Immanuel Antonius
    Jakarta: Pakar komunikasi Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Ade Armando, dipanggil Polda Metro Jaya. Dia diperiksa dalam perkara penyuntingan foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

    "Saya hari ini akan diperiksa polisi terkait laporan Fahira Idris (anggota DPD) soal meme Anies adalah Joker," kata Ade saat dikonfirmasi, di Jakarta, Rabu 20 November 2019.

    Pengajar Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI itu akan diperiksa sebagai saksi terlapor. Dia mulai diperiksa di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya pukul 10.00 WIB. 

    Penyidik juga akan meminta keterangan dari Fahira Idris sebagai pelapor untuk mendalami kasus ini. Korps Bhayangkara perlu memastikan unsur pidana yang diduga dilakukan Ade. 

    Fahira melaporkan Ade Armando lantaran unggahannya di media sosial. Dia menayangkan foto Anies yang diedit menyerupai tokoh antagonis DC Comics, Joker. Unggahan itu mencantumkan tulisan "gubernur jahat berawal dari menteri yang dipecat". 

    Laporan Fahira terdaftar dalam nomor laporan LP/7057/XI/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus tertanggal 1 November 2019. Sejumlah barang bukti di antaranya tangkapan layar dari unggahan akun Facebook Ade dilampirkan dalam pelaporan tersebut. 

    Ade dilaporkan dengan Pasal 32 ayat 1 juncto Pasal 48 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Pemeriksaan hari ini menjadi panggilan perdana bagi Ade.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id