Mekanisme Penunjukkan Kepala Sekretariat Dewas KPK Belum Dirumuskan

    Arga sumantri - 06 Januari 2020 23:38 WIB
    Mekanisme Penunjukkan Kepala Sekretariat Dewas KPK Belum Dirumuskan
    Pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri
    Jakarta: Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan membentuk Sekretariat. Namun, mekanisme penunjukkan Kepala Sekretariat masih belum dirumuskan.  

    "Nanti Pak Sekjen (Sekjen KPK Cahya Hardianto) yang menentukan mekanismenya," kata Pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri di Gedung KPK Jakarta, Senin, 6 Januari 2020. 

    Yang jelas, kata Ali, Dewas akan lebih dulu mengusulkan terkait pembentukan Sekretariat Dewas KPK kepada Sekretariat Jenderal KPK. Kemudian, Sekjen KPK bakal menentukan mekanisme penunjukkannya.  

    Merujuk Pasal 17 Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2019 tentang Organ Pelaksana Dewas KPK, Kepala Sekretariat diangkat dan diberhentikan oleh Sekjen KPK atas usul Dewas KPK. Begitu pula dengan jabatan Kepala Bagian di Dewas KPK.

    "Apakah untuk sementara nanti ada seleksi, apa dalam waktu cepat ini. kita belum konfirmasi," ujarnya.  

    Ali menjelaskan Kepala Sekretariat berfungsi mengepalai administratif Dewas KPK. Posisi ini cukup pentinf guna mendukung kinerja penindakan di KPK
     
    "Misalnya ada izin geledah, izin sita, izin sadap, dan sebagainya," kata Ali.

    Ali juga belum bisa memastikan apakah Kepala Sekretariat ditunjuk dari internal KPK atau dengan seleksi terbuka. Yang jelas,  pengisian jabatan Kepala Sekretariat ini bakal menjadi prioritas, sebab, menentukan dalam kelanjutan kinerja penyidikan lembaga anti rasuah.

    "Apakah internal sendiri atau eksternal kita belum konfirmasi seperti apa persyaratan nanti yang dibuat oleh sekjen," ujarnya.

    Perpres Nomor 91 Tahun 2019 tentang Organ Pelaksana Dewas KPK diteken Jokowi pada 30 Desember 2019. Sehari setelahnya, peraturan turunan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK tersebut resmi diundangkan.

    Perpres tersebut menjelaskan, dalam menjalankan tugasnya, Dewas KPK membentuk organ pelaksana yakni Sekretariat Dewan Pengawas. Bidang ini akan dipimpin Kepala Sekretariat yang bertanggung jawab langsung terhadap Ketua Dewas KPK.  

    Sekretariat Dewas KPK akan menyampaikan laporan berkala atau sewaktu-waktu sesuai kebutuhan. Organ pelaksana itu juga mempunyai tugas mendukung administratif dan teknis operasional kepada Dewan Pengawas KPK dalam mengawasi pelaksanaan tugas dan wewenang di KPK.



    (DMR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id