comscore

Berurusan Lagi dengan Dewas KPK, Lili Pintauli Disarankan Mundur

Fachri Audhia Hafiez - 11 Februari 2022 15:37 WIB
Berurusan Lagi dengan Dewas KPK, Lili Pintauli Disarankan Mundur
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli. Foto: Medcom.id/Fachrie Audhia Hafiez
Jakarta: Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar kembali dilaporkan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK terkait dugaan pelanggaran etik. Lili didesak untuk mengundurkan diri dari Lembaga Antikorupsi.

"Saya kira tidak ada jalan lain bagi Bu Lili untuk mengundurkan diri saja. Karena nanti saya yakin, putusan Dewas akan menyatakan bersalah," kata koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman saat dikonfirmasi, Jumat, 11 Februari 2022.
Dewas diduga memproses laporan terkait dugaan pembohongan publik yang dilakukan Lili saat konferensi pers 30 April 2021. Lili sempat membantah berkomunikasi dengan pihak yang sedang berperkara di KPK yaitu mantan Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial.

Baca: KPK Periksa Sekretaris DPC Demokrat Balikpapan di Lapas

Menurut Boyamin, Lili sudah terbukti berbohong kepada publik. Sebab, Dewas sudah menyatakan Lili terbukti berkomunikasi dengan Syahrial.

"Karena dia (Lili) dengan teganya berbohong dan kemudian terbukti berbohongnya itu oleh Dewan Pengawas bahwa dia terbukti berkomunikasi dengan Syahrial," ujar Boyamin.

Lili beberapa kali dilaporkan ke Dewas. Dia pernah dinyatakan bersalah telah menyalahgunakan pengaruh untuk kepentingan pribadi dan berhubungan dengan seseorang yang sedang diperiksa perkaranya oleh KPK, yakni M Syahrial. 

Kala itu, KPK sedang menyelidiki kasus jual-beli jabatan yang menyeret M Syahrial. Lili dijatuhkan hukuman pemotongan gaji pokok 40 persen selama 12 bulan. 

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id