comscore

Kasus ASABRI, Benny Tjokro Disebut Catut Teddy untuk Bikin Akun Saham

Fachri Audhia Hafiez - 14 April 2022 03:41 WIB
Kasus ASABRI, Benny Tjokro Disebut Catut Teddy untuk Bikin Akun Saham
Sidang kasus ASABRI di Pengadilan Tipikor Jakarta/Medcom.id/Fachri
Jakarta: Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro disebut menggunakan nama adiknya, Teddy Tjokrosapoetro, untuk membuat akun saham yang diduga berkaitan dengan PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI). Hal itu diungkapkan oleh saksi staf Benny, Lisa Anastasia.

"Saya menerima perintah dari Pak Benny untuk membuka akun atas nama Pak Teddy di beberapa sekuritas," kata Lisa saat persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, 13 April 2022.
Lisa menuturkan perintah Benny tersebut juga berlaku untuk transaksi sejumlah saham. Terungkap Benny menggunakan Teddy sebagai nominee untuk sejumlah transaksi saham.

Baca: Saksi Mengaku Dirugikan Tukar Guling Lahan dengan Terdakwa ASABRI

"Mengenai transaksi saham, maka ditransaksikan oleh saya dan kawan-kawan menggunakan nominee yang ada termasuk Teddy Tjokrosapoetro atas perintah Pak Benny," jelas Lisa.

Teddy mengamini keterangan Lisa tersebut. Namun, dia mengeklaim tak membuka akun yang digunakan untuk transaksi saham dan berkaitan dengan PT ASABRI.

Penasihat hukum Teddy, Genesius Anugerah, menilai keterangan saksi tersebut tidak sesuai dengan dakwaan JPU. Genesius menyebut keterangan saksi yang dihadirkan jaksa tak sesuai dengan fakta hukum.

"Transaksi terhadap sejumlah saham yang diduga merugikan negara melalui ASABRI, tidak dilakukan atas dasar inisiatif maupun perintah dari klien kami," ucap Genesius.

Lisa dihadirkan JPU sebagai saksi untuk terdakwa sekaligus Direktur Utama PT Rimo International Lestari Tbk Teddy Tjokrosapoetro. Jaksa mengonfirmasi terkait sejumlah transaksi saham yang diduga berkaitan dengan Benny. Pasalnya, Teddy merupakan adik dari Benny.

Pada perkara ini, Teddy didakwa memperkaya diri lebih dari Rp6 triliun. Perbuatan itu berasal dari pengelolaan investasi dalam bentuk pembelian saham dan reksadana menggunakan dana investasi PT ASABRI pada 2012-2019.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id