Kasus Kartel Kremasi Diselisik Lewat 7 Saksi

    Siti Yona Hukmana - 24 Juli 2021 08:11 WIB
    Kasus Kartel Kremasi Diselisik Lewat 7 Saksi
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Barat terus mengusut kasus dugaan kartel kremasi. Penyelidikan dilakukan melalui pemeriksaan saksi.

    "Sampai saat ini kami telah memanggil sebanyak tujuh saksi terkait kasus dugaan praktik kartel kremasi yang sempat viral di Jakarta Barat " kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo saat dikonfirmasi, Sabtu, 24 Juli 2021.

     



    Ady menyampaikan ketujuh orang itu dipanggil untuk dimintai keterangan atas dugaan kasus yang terjadi. Keterangan saksi diperlukan untuk mencari unsur pidana dalam kasus tersebut.

    Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Joko Dwi Harsono memerinci ketujuh saksi itu. Sebanyak dua saksi dari pengelola Yayasan Mulia di Jakarta Barat, satu saksi dari pengelola krematorium Mulia di Karawang, dan satu saksi pembuat narasi viral, serta tiga saksi terkait lainnya.

    "Dari hasil pemeriksaan sementara yang kami peroleh dalam kasus dugaan kartel praktik kremasi tersebut adanya dugaan praktik percaloan," ujar Joko.

    Baca: Penyedia Tempat Kremasi Diminta Tak Ambil Untung

    Namun, kata dia, masing-masing berdiri sendiri atau tidak terorganisir seperti kartel. Modusnya menaikan harga dengan motif memperoleh keuntungan.

    Joko menyebut penyidik memeriksa warga Jakarta Barat Martin, selaku penyebar narasi dugaan pemerasan kartel kremasi dan Astrid selaku pengunggah foto nota dugaan kartel kremasi. Informasi keduanya tidak membuktikan dugaan percaloan itu tidak terorganisir.

    Hingga saat ini, Polres Metro Jakarta Barat belum menerima laporan terkait dugaan praktik kremasi itu. Polisi masih menunggu laporan korban.

    "Sambil menunggu, kami masih terus melakukan upaya penyelidikan terkait dugaan praktik kremasi tersebut," ungkap Joko.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id