comscore

Pemerintah Diminta Usut Tuntas Penyerangan Nakes di Papua

Fachri Audhia Hafiez - 20 September 2021 09:27 WIB
Pemerintah Diminta Usut Tuntas Penyerangan Nakes di Papua
KKB Papua serang warga sipil/Metro TV
Jakarta: Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani meminta pemerintah mengusut tuntas kasus penyerangan tenaga kesehatan (nakes) oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Penyerangan itu menewaskan seorang nakes Gabriela Meilan.

"Pemerintah harus mengusut dan menindaklanjuti kasus ini hingga tuntas. Tenaga kesehatan (nakes) dan fasilitas kesehatan merupakan wilayah sakral yang terlarang disentuh dalam konflik apa pun," kata Netty melalui keterangan tertulis, Senin, 20 September 2021.
Menurut Netty, kebrutalan KKB tak bisa dibiarkan lagi. Pasalnya, mereka menyerang individu hingga merusak sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan.

"Ini merupakan bentuk penghinaan terhadap kemanusiaan yang tidak boleh dibiarkan, apalagi sampai berulang lagi," ujar Netty.

Baca: IDI Minta Gubernur Papua Jamin Keselamatan Nakes

Dia mengatakan jaminan keamanan dan perlindungan terhadap nakes di wilayah konflik harus menjadi prioritas pemerintah. Terlebih, mereka tengah menjalani misi kemanusiaan di tengah pandemi covid-19.

"Perlindungan dan jaminan keamanan bagi seluruh warga negara merupakan amanat konstitusi," ucap Netty.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mendorong pemerintah memberi dukungan kepada korban. Netty menilai korban selamat perlu mendapatkan perawatan psikologis untuk memulihkan luka traumatis.

"Jangan sampai insiden ini membuat nakes menolak bertugas di wilayah terpencil dan konflik karena merasa tidak aman," kata Netty.

Sebelumnya, dua nakes ditemukan di dasar jurang di Distrik Kiwirok Rabu, 15 September 2021. Gabriela adalah salah satu yang ditemukan meninggal, sedangkan rekannya Kristina Sampe mengalami luka berat akibat serangan senjata tajam KKB.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id